Getting time...
OKEHEALTH | DETAIL SEXUAL HEALTH

Menstruasi Tak Kunjung Berhenti? Ini Penyebabnya

Helmi Ade Saputra - Okezone
Sabtu, 20 Juli 2013 19:24 wib
detail berita
Alat KB (Foto: Google)
MENSTRUASI atau haid adalah awal siklus menstruasi dan hari pertama siklus menstruasi adalah waktu dimulainya perdarahan. Walaupun rata-rata siklus menstruasi berlangsung selama 28 hari, namun ada juga yang tidak kunjung berhenti. Apa penyebabnya?

Menurut Vice President Director Pt. Bundamedik, Dr. Ivan R. Sini, MD FRANZCOG GDRM SpOG, gangguan menstruasi yang tidak berhenti paling sering disebabkan oleh ketidakseimbangan hormonal.

“Akan tetapi gangguan ini dapat disebabkan juga oleh kelainan anatomi, seperti polip, mioma uteri, hyperplasia endometrium (penebalan dinding rahim), dan keganasan,” ujar Dr. Ivan R. Sini, MD FRANZCOG GDRM SpOG kepada Okezone melalui sambungan elektronik, baru-baru ini.

Mungkin banyak dari wanita yang bertanya-tanya, apakah pemakaian KB implan turut memengaruhi gangguan menstruasi yang tidak kunjung berhenti. Dr Ivan R Sini pun mencoba menjelaskan hal tersebut.

“KB hormonal, baik dengan pil, implan maupun suntik, serta spiral hormon dapat menyebabkan gangguan menstruasi ini yang sifatnya sementara dalam beberapa siklus pertama setelah pemasangan,”jelas Dr Ivan R. Sini.

Namun, meskipun sifatnya sementara, ia mengatakan bahwa pemantauan oleh dokter sangatlah penting untuk menyingkirkan segala kemungkinan tersebut. (ind)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

 
BACA JUGA »

Lifestyle

Dato' Raja Reza Shah Prihatin IFF Tak Dapat Ruang di Malaysia
Acara Islamic Fashion Festival (IFF) mendapatkan antusias dari masyarakat Indonesia. Namun, IFF tak mendapat ruang di negaranya sendiri, Malaysia.

Food

Menikmati Mi Rebus ala Minang
Biasanya kita memakan mi rebus atau mi instan, dengan cara sederhana, masukkan mi ke dalam kuah yang sudah tersedia bumbunya. Berbeda dengan cara makan mi rebus di Padang, mereka tidak menggunakan bumbu.


 

Property

Mengejutkan, Total Luas Mal di Jakarta 9x Luas Kota Vatikan!
Menurut riset yang dilakukan portal properti Lamudi.com, jumlah mal di Ibu kota Indonesia ini mencapai 170 mal, dengan lebih dari 490 outlet, dan 25 juta pengunjung per bulan.