Getting time...
OKEHEALTH | DETAIL SEXUAL HEALTH

Menstruasi Tak Kunjung Berhenti? Ini Penyebabnya

Helmi Ade Saputra - Okezone
Sabtu, 20 Juli 2013 19:24 wib
detail berita
Alat KB (Foto: Google)
MENSTRUASI atau haid adalah awal siklus menstruasi dan hari pertama siklus menstruasi adalah waktu dimulainya perdarahan. Walaupun rata-rata siklus menstruasi berlangsung selama 28 hari, namun ada juga yang tidak kunjung berhenti. Apa penyebabnya?

Menurut Vice President Director Pt. Bundamedik, Dr. Ivan R. Sini, MD FRANZCOG GDRM SpOG, gangguan menstruasi yang tidak berhenti paling sering disebabkan oleh ketidakseimbangan hormonal.

“Akan tetapi gangguan ini dapat disebabkan juga oleh kelainan anatomi, seperti polip, mioma uteri, hyperplasia endometrium (penebalan dinding rahim), dan keganasan,” ujar Dr. Ivan R. Sini, MD FRANZCOG GDRM SpOG kepada Okezone melalui sambungan elektronik, baru-baru ini.

Mungkin banyak dari wanita yang bertanya-tanya, apakah pemakaian KB implan turut memengaruhi gangguan menstruasi yang tidak kunjung berhenti. Dr Ivan R Sini pun mencoba menjelaskan hal tersebut.

“KB hormonal, baik dengan pil, implan maupun suntik, serta spiral hormon dapat menyebabkan gangguan menstruasi ini yang sifatnya sementara dalam beberapa siklus pertama setelah pemasangan,”jelas Dr Ivan R. Sini.

Namun, meskipun sifatnya sementara, ia mengatakan bahwa pemantauan oleh dokter sangatlah penting untuk menyingkirkan segala kemungkinan tersebut. (ind)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

 
BACA JUGA »

Lifestyle

Lupita Nyong'o, Selebriti Paling Cantik
Majalah People mendapuk Lupita Nyong'o sebagai bintang atau wanita paling cantik sedunia. Tampaknya 2014 menjadi tahun Lupita, sebelumnya dia juga mendapatkan Piala Oscar.

Food

Barack Obama Sambangi Resto Sushi Terbaik di Dunia
Berkunjung ke Jepang, Barack Obama pun tak menyia-nyiakan kesempatan untuk mencicipi makanan khasnya, yakni sushi. Orang nomor satu Amerika Serikat ini menjajal makan di restoran sushi terbaik dunia.

Property

REI: Akuisisi, Bisa Buat BTN Tak Fokus Urus Rumah Rakyat
"Saya harap BTN bisa tetep eksis, hanya BTN yang selama ini memberikan jumlah KPR paling banyak pada masyarakat Indonesia," katanya di Kadin, Jakarta, Rabu (23/4/2014).