Getting time...
OKEHEALTH | DETAIL HEALTH & FIT

Hidup Bersih & Sehat, Ini Cara Cuci Tangan yang Benar

Marieska Harya Virdhani - Okezone
Jum'at, 17 Mei 2013 15:47 wib
detail berita
Cuci tangan (Foto: Google)
CUCI tangan sebelum makan bukan lagi menjadi satu slogan, tetapi wajib di terapkan untuk mewujudkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Seperti yang dikampanyekan Rumah Sakit Tugu Ibu, Cimanggis, Depok kepada seluruh para medis dan juga pasien.

Direktur RS Tugu Ibu, Cimanggis, Depok, Peppy Firaidi mengatakan cuci tangan dengan air yang mengalir wajib dilakukan untuk membunuh kuman setelah tangan kita kontak dengan lingkungan. Caranya pun harus dilakukan dengan benar agar efektif.

"Caranya yakni telapak tangan, sela - sela jari, punggung, ibu jari jempol,  saling kait, dan kuku bagian terakhir. Dokter mau periksa pasien cuci tangan dulu," terang Ketua Asosiasi Rumah Sakit Indonesia (ARSI) ini kepada wartawan di RS Tugu Ibu, Jalan Raya Bogor, Cimanggis, Depok, Jumat (17/05/2013).

Setelah mencuci tangan dengan sabun atau handscrub, kata Peppy, tangan dibersihkan dengan tisu. Sebab jika memakai kain lap, atau baskom, justru memperbanyak dan memindahkan kuman.

"Jangan gunakan tisu basah, gunakan tisu kering, karena kalau sang pasien ternyata ada infeksi, kalau dokter tidak higienis, malah lebih memperpanjang dirawatnya," ungkapnya. (ind) (tty)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

 
BACA JUGA »

Lifestyle

Lupita Nyong'o, Selebriti Paling Cantik
Majalah People mendapuk Lupita Nyong'o sebagai bintang atau wanita paling cantik sedunia. Tampaknya 2014 menjadi tahun Lupita, sebelumnya dia juga mendapatkan Piala Oscar.

Food

Barack Obama Sambangi Resto Sushi Terbaik di Dunia
Berkunjung ke Jepang, Barack Obama pun tak menyia-nyiakan kesempatan untuk mencicipi makanan khasnya, yakni sushi. Orang nomor satu Amerika Serikat ini menjajal makan di restoran sushi terbaik dunia.

Property

REI: Akuisisi, Bisa Buat BTN Tak Fokus Urus Rumah Rakyat
"Saya harap BTN bisa tetep eksis, hanya BTN yang selama ini memberikan jumlah KPR paling banyak pada masyarakat Indonesia," katanya di Kadin, Jakarta, Rabu (23/4/2014).