Getting time...
OKEHEALTH | DETAIL HEALTH UPDATE

Katalase, Pulihkan Warna Uban Tanpa Semir Rambut

Qalbinur Nawawi - Okezone
Selasa, 7 Mei 2013 10:42 wib
detail berita
Cek uban (Foto: Google)
MENYEMIR rambut ialah hal yang biasa dilakukan seseorang yang sudah beruban. Namun, sekarang tidak perlu ribet lagi, pasalnya telah ditemukan obat yang mengembalikan warna rambut seperti semula.

Ya, hal ini karena peneliti telah menemukan cara yang lebih permanen untuk menyingkirkan uban seseorang.

Uban sendiri muncul karena akumulasi hidrogen peroksida yang terjadi di akar folikel rambut yang disebabkan stres oksidatif. Fenomena yang sama juga selalu dihubungkan dengan kondisi kulit disebut vitiligo yang menyebabkan pigmentasi tidak merata pada kulit. Tidak jarang, hal tersebut akan membuat bulu mata seseorang menjadi putih.

Hasil penelitian baru menjelaskan, biopsi kulit yang muncul pada sekelompok orang yang menderita vitiligo bisa diatasi dengan katalase (pseudo-catalase) dimana katalase atau sejenis krim ini dapat membantu pemecahan hidrogen peroksida dan mengurangi stres oksidatif. Alhasil, pigmentasi pada kulit dan bulu mata mereka pun kembali pada warna semula.

Berdasarkan temuan ini, para peneliti percaya krim yang sama bila diterapkan pada rambut, bisa mengembalikan warna uban menjadi hitam, seperti dilansir Fox News.

"Selama beberapa generasi banyak orang menyemir rambut untuk menutupi ubannya," kata Dr Gerald Weissmann,  editor-in-chief of  The Journal of the Federation of American Societies for Experimental Biology, yang mempublikasikan penelitian ini, " Tapi sekarang, untuk pertama kalinya, pengobatan aktual sampai akar masalah sudah ditemukan." (ind) (tty)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

 

Lifestyle

Ingin Kenikmatan Seks? Coba Bertengkar di Ranjang!

Pria sangat suka bereksperimen soal seks. Sayangnya, wanita masih suka malu-malu untuk mengungkapkan hasrat bercinta kepada pasangan.

Food

Hanya Ada Sebulan, Sandwich Ayam KFC "Menggemuk"
MAKAN sandwich pada umumnya berupa roti yang diisi dengan telur goreng, potongan sayur seperti selada dan tomat, serta diberi keju dan saus. Tapi apa jadinya kalau sandwich yang Anda makan berupa ayam.

Property

Green Building Memang Mahal, Tapi..
"Kebanyakan perusahaan asing yang berkantor di Indonesia tidak mau kalau kantornya tidak green building. Karena memang mereka lebih cenderung menginginkan hemat dari segi operasional gedung,"