Getting time...
OKEHEALTH | DETAIL HEALTH UPDATE

Cara Cespleng Nicholas Saputra Atasi Meningitis

Qalbinur Nawawi - Okezone
Rabu, 24 April 2013 10:25 wib
detail berita
Nicholas Saputra (Foto: Dok.Okezone)
SESEORANG bila sudah terinfeksi penyakit meningitis sulit untuk disembuhkan, khususnya bagi traveller ataupun jemaah haji yang keluar negeri. Karenanya, sebaiknya harus dilakukan usaha pencegahan sejak dini agar terbebas dari risiko tersebut.
 
Hal ini rupanya dialami oleh Nicholas Saputra, aktor film layar lebar yang sangat mencintai hobi traveling. Dia mengaku punya tip mencegah penyakit meningitis dengan menyiapkan pengetahuan geografis negara yang ingin dituju, membawa persiapan pendukung, dan  vaksinasi.

"Pertama, penting banget harus tahu cuaca daerah (negara) yang dikunjungi seperti apa. Hal ini penting agar Anda merasa nyaman saat di sana, entah seperti apa keadaan cuacanya, dingin tidaknya, sepatu yang harus Anda pakai, baju, penginapan, dan biayanya. Anda harus mempunyai pengetahuan dasar itu minimal. Alasannya, kalau Anda tidak beradaptasi di iklim seseorang, nanti ada rugi sendiri,” jelasnya dalam acara bertema Saatnya Bekali Diri untuk Lindungi Bangsa, Cegah Meningitis di Restoran Seribu Rasa, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 23 April 2013.


Nicholas menceritakan punya pengalaman sakit demam dan terpaksa masuk rumah sakit di negeri orang. “Padahal, saya baru saja sampai atau saya pernah kena penyakit malaria di ujung kulon dulu. Artinya apa, pengalaman saya ambil. Mengetahui cuaca tempat yang dituju membuat Anda tahu barang-barang yang harus dibawa dari ujung kaki sampai yang menempel di badan, misalnya jenis sepatunya seperti apa, sampai ke baju-bajunya harus tebal tidak. Anda semua harus tahu," paparnya.
 
Baginya, persiapan sangat penting agar saat bepergian, khususnya di tempat sumber penyakit meningitis, bisa terus sehat dan tidak mudah dimasuki bakteri. Apalagi bila melakukan vaksinasi sebelum bepergian, hal itu akan membuat Anda kebal dari virus ataupun bakteri meningitis yang berbahaya.

"Dari banyaknya yang harus dipersiapkan, persiapan kesehatan seperti vaksinasi dari bakteri dan virus meningitis juga tidak jauh lebih penting. Saya sendiri sudah suntik vaksinasi terakhir satu tahun yang lalu, setelah sebelumnya belum lama saya pergi ke Eropa. Hal ini penting, soalnya seorang yang traveling biasanya dilakukan ramai-ramai dan satu penginapan bareng-bareng, sedangkan meningitis menular bisa hanya dengan berbicara dan bersin mereka. Untuk itu, vaksinasi dibutuhkan untuk membentengi dari penyakit mematikan ini saat bepergian ataupun menularkannya saat pulang," tutupnya.
(tty)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

 
BACA JUGA »

Lifestyle

Sikap Tegas Norman Kamaru Sering Bikin Istri Menangis
Daisy Paindong merupakan istri dari penyanyi lip synch yang melejit namanya di You Tube, Norman Kamaru. Sejak dinikahi Norman dua tahun lalu, Daisy mengaku sering menangis lantaran sikapnya yang terlalu tegas.

Food

Kopi Bisa Dipadu Bir
Kopi campur bir kini sedang ngetren di kalangan penikmat dua minuman tersebut. Kombinasi minuman ini terbilang baru di Jakarta, namun sudah mempunyai banyak penggemar.