Getting time...
OKEHEALTH | DETAIL FAMILY HEALTH

Trik Cegah Serangan Refluks Asam

Niken Anggun Nurani - Okezone
Senin, 22 April 2013 21:22 wib
detail berita
Alami masalah perut (Foto: Healthmeup)
REFLUKS asam lambung adalah kondisi di mana asam lambung naik ke kerongkongan. Kondisi ini memang tidak membahayakan nyawa Anda, namun dapat memicu gangguan kesehatan yang tidak menyenangkan.
 
Umumnya, refluks cenderung memburuk setelah Anda makan. Karenanya, penting untuk menghindari makanan yang dapat memperburuk kondisi asam dalam lambung.

Orang-orang yang menderita refluks asam harus konsumsi makanan kecil sepanjang hari, selain jam makan utama. Selain itu, penderita refluks asam juga disarankan mengonsumsi camilan sehat sebelum pergi tidur, demikian yang dilansir Ehow.
 
Makan malam kecil dapat mengurangi jumlah refluks saat waktu tidur yang memberikan makanan cukup waktu untuk dicerna dan proses pengosongan perut, serta memberikan waktu pada tubuh mengurangi kadar asam.

Diet yang membantu mengurangi dan mencegah refluks asam biasanya mencakup semua kelompok makanan, seperti biji-bijian, sayuran, buah-buahan, susu, daging, dan kacang-kacangan. Namun dalam kelompok makanan, ada varietas tertentu yang dianjurkan dan harus dihindari. Orang dengan asam refluks harus menghindari alkohol, minuman berkafein, peppermint, cokelat, dan makanan yang tinggi kadar lemak.
 
(tty)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

 
BACA JUGA »

Lifestyle

Intip Cara Ariel Tampil Maksimal
Di setiap aksi panggungnya, para personel Noah selalu menghadirkan yang terbaik. Tak heran jika band yang digawangi oleh Ariel, Uki, Lukman, David dan Reza itu selalu dipuja banyak kalangan.

Food

Nikmati Ragam Kuliner & Wine Berkualitas di Jejak Kuliner Australia
Warga Indonesia yang pernah berkunjung ke Australia memberi peringkat Australia sebagai tujuan nomor satu untuk pengalaman makanan dan anggur (wine). Ini didapat berdasarkan penelitian lembaga pariwisata Australia.

Property

REI: Akuisisi, Bisa Buat BTN Tak Fokus Urus Rumah Rakyat
"Saya harap BTN bisa tetep eksis, hanya BTN yang selama ini memberikan jumlah KPR paling banyak pada masyarakat Indonesia," katanya di Kadin, Jakarta, Rabu (23/4/2014).