Getting time...
OKEHEALTH | DETAIL HEALTH UPDATE

Minum Alkohol, Awas Kalori & Lemak Berlebih

Qalbinur Nawawi - Okezone
Jum'at, 12 April 2013 15:54 wib
detail berita
Ilustrasi (Foto: Google)
ORANG-orang cenderung makan lebih banyak kalori dan lemak jika mereka mengonsumsi alkohol di hari yang sama. Karenanya, selektiflah mengatur konsumsi tersebut jika tak ingin memiliki kalori berlebih.

Para peneliti dari National Institute on Alcohol Abuse and Alcoholism (Institut Nasional Penyalahgunaan Alkohol dan Alkoholisme) menemukan bahwa pria rata-rata mengonsumsi sekira 400 kalori lebih banyak dalam sehari ketika mereka minum, sedangkan wanita mengonsumsi 300 lebih kalori.

Kecenderungan ini mungkin terjadi karena dalam kegiatan sosial, kita kurang memakan makanan sehat dan menjadi lebih impulsif ketika berada di bawah pengaruh alkohol, seperti dilansir Daily Mail.

Rosalind Breslow, ahli epidemiologi gizi dan penulis utama studi ini mengatakan, "Pilihan makanan berubah pada hari-hari kita minum-minum, ke arah yang tidak sehat bagi pria dan wanita." Menurutnya, informasi baru ini memberi orang kesempatan untuk menjadi lebih sadar akan apa yang mereka makan pada hari mereka minum-minum.

Untuk penelitian ini, Breslow dan rekan-rekannya meneliti 1.800 relawan pada hari mereka minum-minum dan tidak. Data berasal dari survei besar di AS tentang kesehatan dan gaya hidup yang dilakukan pada tahun 2003 sampai 2008.

Ketika tidak mengonsumsi alkohol, kalori yang dikonsumsi pria naik dari 2.400 kalori menjadi 2.800 kalori, sedangkan wanita naik dari 1.700 kalori jadi  2.000 kalori. Bagi wanita, kalori ekstra itu berasal bisa dari alkohol saja - tapi untuk pria, 100-200 kalori berasal dari makanan.

Penelitian yang diterbitkan The American Journal of Clinical Nutrition ini juga menemukan bahwa pria dan wanita makan sekira sembilan persen lebih banyak lemak ketika mereka minum alkohol. Pria dilaporkan makan kentang putih dan daging lebih banyak ketika mereka minum, sedang pria dan wanita minum lebih sedikit susu ketika minum. (ind) (tty)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

 
BACA JUGA »

Lifestyle

Pakai Sport Bra, Rita Ora Pamer Perut Kencang
Gaya berbusana penyanyi Rita Ora, selalu mengundang perhatian. Seperti terlihat beberapa waktu yang lalu saat peluncuran parfum, ia kenakan busana serba metalik. Nah, kali ini penyanyi yang gemar pakai lipstik merah, terlihat tampil mengenakan setelan busana sporty.

Food

Restoran yang Kerap Disinggahi Linda Gumelar
Berkumpul dengan keluarga merupakan hal berharga, terutama jika anggota keluarga sudah memiliki kesibukan masing-masing. Hal ini dialami Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Gumelar.

Property

Gianyar, Pelopor Kota Layak Anak di Indonesia
Kota Gianyar dinobatkan sebagai Kota Layak Anak oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Gumelar.