Getting time...
OKEHEALTH | DETAIL FAMILY HEALTH

Kurang Tidur, Siap-Siap Imun Tubuh Menurun

Niken Anggun Nurani - Okezone
Rabu, 20 Maret 2013 16:45 wib
detail berita
Mengantuk (Foto: Magforwoman)
BERAPA jam waktu tidur malam Anda setiap hari? Percaya atau tidak, kurang tidur di malam hari dapat memicu berbagai gangguan fisik dan mental Anda keesokan harinya. Penting bagi Anda untuk tetap mendapatkan istirahat 7 hingga 8 jam setiap malam.
 
Tidur sangat penting bagi tubuh Anda untuk meremajakan diri dengan energi yang segar. Seorang dewasa rata-rata membutuhkan setidaknya 7-8 jam tidur setiap hari. Ketika Anda kurang tidur, kinerja Anda sepanjang hari sangat terganggu. Berikut ini adalah beberapa efek yang disebabkan kurang tidur, seperti yang dilansir Magforwoman.
 
Kurang kewaspadaan
 
Bila Anda kurang tidur, kemampuan Anda untuk berkonsentrasi akan menurun. Kinerja kognitif Anda akan terganggu jika Anda tidak memiliki cukup tidur. Selama tidur, otak meregenerasi kapasitasnya untuk terus bekerja dan ketika Anda tidak mendapatkan cukup istirahat, otak kehilangan kemampuannya untuk memertahankan memori, belajar, berkonsentrasi dan menjadi kreatif. Ketika Anda kurang tidur, Anda tidak bisa memerhatikan apa pun.
 
Mengurangi energi

Meskipun otot-otot tubuh dapat meremajakan diri bahkan dalam keadaan rileks, otak memerlukan tidur untuk membangun kembali neuron penting untuk terus berfungsi secara normal. Tanpa tidur yang cukup, tubuh tidak mendapatkan energi yang diperlukan untuk bekerja. Perasaan lesu akan Anda rasakan sepanjang waktu.
 
Melemahkan kekebalan tubuh

Kurang tidur dapat menyebabkan Anda jatuh sakit. Ketika Anda kurang tidur, sistem kekebalan tubuh berkurang dan gagal untuk melindungi Anda bahkan dari virus biasa. Tidur yang cukup penting untuk memperkuat sistem kekebalan. (ind)
 
(tty)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

 
BACA JUGA »

Lifestyle

Lupita Nyong'o, Selebriti Paling Cantik
Majalah People mendapuk Lupita Nyong'o sebagai bintang atau wanita paling cantik sedunia. Tampaknya 2014 menjadi tahun Lupita, sebelumnya dia juga mendapatkan Piala Oscar.

Food

Barack Obama Sambangi Resto Sushi Terbaik di Dunia
Berkunjung ke Jepang, Barack Obama pun tak menyia-nyiakan kesempatan untuk mencicipi makanan khasnya, yakni sushi. Orang nomor satu Amerika Serikat ini menjajal makan di restoran sushi terbaik dunia.

Property

REI: Akuisisi, Bisa Buat BTN Tak Fokus Urus Rumah Rakyat
"Saya harap BTN bisa tetep eksis, hanya BTN yang selama ini memberikan jumlah KPR paling banyak pada masyarakat Indonesia," katanya di Kadin, Jakarta, Rabu (23/4/2014).