Getting time...
OKEHEALTH | DETAIL HEALTH UPDATE

Waspada, Sakit Gigi Picu Meningitis

Niken Anggun Nurani - Okezone
Kamis, 21 Februari 2013 01:45 wib
detail berita
Sakit gigi (Foto: Google)
PENYAKIT radang selaput otak ternyata tidak hanya ditularkan oleh infeksi bakteri, kuman atau virus. Tetapi beberapa penyakit seperti kanker atau TBC juga dapat menyebabkan radang selaput otak.

Kebanyakan dari Anda mungkin mengetahui radang selaput otak disebabkan oleh adanya kuman, bakteri atau virus yang masuk kedalam otak. Padahal radang selaput otak juga bisa disebabkan oleh faktor non infeksi seperti penyakit kanker, TBC bahkan masalah gigi.

“Jangan dianggap sepele, gigi yang bermasalah juga bisa menyebabkan radang selaput otak. Gigi yang jaringan sarafnya terinfeksi bisa memasukkan kuman atau bakteri kedalam tubuh dan masuk ke otak,” ungkap dr. Firman Hendrik, Sps, dari Rumah Sakit Awal Bros, Tangerang, kepada Okezone melalui telepon, Rabu, 20 Februari 2013.

Jika tidak diobati dengan baik, penyakit seperti TBC atau masalah gigi bisa menyebabkan radang selaput otak. Untuk TBC para penderita diharapkan patuh untuk mengonsumsi obat selama enam bulan, dan mengobati masalah gigi dengan benar.

“Penting untuk mengetahui penyebab utama radang selaput otak agar mendapatkan pengobatan yang tepat. Jika disebabkan oleh TBC maka penyakit TBC nya harus disembuhkan terlebih dahulu, agar radang selaput otaknya tidak semakin buruk,” ujar dr. Firman. (ind) (tty)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

 

Lifestyle

Ingin Kenikmatan Seks? Coba Bertengkar di Ranjang!

Pria sangat suka bereksperimen soal seks. Sayangnya, wanita masih suka malu-malu untuk mengungkapkan hasrat bercinta kepada pasangan.

Food

Hanya Ada Sebulan, Sandwich Ayam KFC "Menggemuk"
MAKAN sandwich pada umumnya berupa roti yang diisi dengan telur goreng, potongan sayur seperti selada dan tomat, serta diberi keju dan saus. Tapi apa jadinya kalau sandwich yang Anda makan berupa ayam.

Property

Green Building Memang Mahal, Tapi..
"Kebanyakan perusahaan asing yang berkantor di Indonesia tidak mau kalau kantornya tidak green building. Karena memang mereka lebih cenderung menginginkan hemat dari segi operasional gedung,"