Getting time...
OKEHEALTH | DETAIL HEALTH UPDATE

Waspada, Sakit Gigi Picu Meningitis

Niken Anggun Nurani - Okezone
Kamis, 21 Februari 2013 01:45 wib
detail berita
Sakit gigi (Foto: Google)
PENYAKIT radang selaput otak ternyata tidak hanya ditularkan oleh infeksi bakteri, kuman atau virus. Tetapi beberapa penyakit seperti kanker atau TBC juga dapat menyebabkan radang selaput otak.

Kebanyakan dari Anda mungkin mengetahui radang selaput otak disebabkan oleh adanya kuman, bakteri atau virus yang masuk kedalam otak. Padahal radang selaput otak juga bisa disebabkan oleh faktor non infeksi seperti penyakit kanker, TBC bahkan masalah gigi.

“Jangan dianggap sepele, gigi yang bermasalah juga bisa menyebabkan radang selaput otak. Gigi yang jaringan sarafnya terinfeksi bisa memasukkan kuman atau bakteri kedalam tubuh dan masuk ke otak,” ungkap dr. Firman Hendrik, Sps, dari Rumah Sakit Awal Bros, Tangerang, kepada Okezone melalui telepon, Rabu, 20 Februari 2013.

Jika tidak diobati dengan baik, penyakit seperti TBC atau masalah gigi bisa menyebabkan radang selaput otak. Untuk TBC para penderita diharapkan patuh untuk mengonsumsi obat selama enam bulan, dan mengobati masalah gigi dengan benar.

“Penting untuk mengetahui penyebab utama radang selaput otak agar mendapatkan pengobatan yang tepat. Jika disebabkan oleh TBC maka penyakit TBC nya harus disembuhkan terlebih dahulu, agar radang selaput otaknya tidak semakin buruk,” ujar dr. Firman. (ind) (tty)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

 
BACA JUGA »

Lifestyle

Gelas Sampanye Ini Berbentuk Payudara Kiri Kate Moss

Sebuah merek sampanye, yang sangat menggemari supermodel Kate Moss, telah berkolaborasi dengan perajin gelas. Mereka membuat gelas berbentuk payudara kiri Kate Moss. 

Food

Rahasia Masak dengan Bawang Putih ala Korea
Banyak masakan Korea menggunakan bawang putih. Untuk memermudah pengupasan bawang putih, biasanya warga Korea merendamnya terlebih dahulu di air panas.

Property

Memprediksi Pasar Properti pada Pemerintahan Baru
Hasil resmi dari Mahkamah Konstitusi tentang gugatan pemilu yang dilayangkan oleh pasangan Prabowo-Hatta akan diputuskan hari ini oleh Mahkamah Konstitusi. Dengan hasil tersebut, tentu diharapkan pemerintahan Indonesia akan lebih jelas ke depannya.