Getting time...
OKEHEALTH | DETAIL HEALTH UPDATE

Kenal Lebih Dalam Gejala Radang Selaput Otak

Niken Anggun Nurani - Okezone
Rabu, 20 Februari 2013 21:09 wib
detail berita
Anak gejala meningitis (Foto: Google)
PENYAKIT radang selaput otak (meningitis) yang menyerang penyanyi cantik Ashanty memang cukup mengejutkan. Anda tentu menjadi lebih waspada untuk mengetahui apa saja penyebab dan gejala penyakit ini agar dapat melakukan penanganan segera.
 
Radang selaput otak umumnya disebabkan oleh adanya infeksi. Namun, ada juga kasus dimana penyakit ini disebabkan oleh penyakit lain seperti kanker atau penggunaan obat tertentu. “Ada dua jenis penyebab radang selaput otak, yang infeksi dan non-infeksi. Untuk yang infeksi, biasanya di akibatkan oleh bakteri, kuman, virus atau jamur. Dan radang non infeksi bisa disebabkan oleh kanker, gangguan auto imun, atau penggunaan obat tertentu,” ungkap dr. Firman Hendrik, Sps, dari Rumah Sakit Awal Bros, Tangerang, kepada Okezone melalui telepon, Rabu (20/2/2013).
 
Penyakit yang bisa menyerang segala usia ini memang cukup mematikkan, karena menyerang bagian vital dari tubuh yaitu otak.
 
Pada beberapa kasus, tidak hanya orang dewasa yang dapat menderita penyakit ini, tetapi juga bisa menyerang anak-anak dan bayi atau balita. “Pada orang dewasa maupun anak-anak, gejalanya hampir sama, yaitu berupa nyeri di kepala, sakit kepala hebat yang tak kunjung sembuh hingga menyebabkan muntah-muntah, tegang di leher dan disertai demam tinggi atau rendah, bisa sekitar 37 atau 37,5 derajat celcius,” ungkap dr. Firman.
 
Dr. Firman menambahkan, yang perlu diperhatikan gejala pada anak-anak adalah, jika anak menjadi rewel, cenderung lemas, mendadak tidak aktif, demam apalagi hingga kejang, Anda patut curiga ini merupakan gejala radang selaput otak. (ind)
(tty)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

 
BACA JUGA »

Lifestyle

Tora Sudiro Tidak Cuci Celana Jins Tiga Bulan
Untuk mendapatkan celana jins yang baik, kita harus tidak mencucinya dalam jangka waktu tertentu. Hal ini pun turut dilakukan Tora Sudiro yang tidak menyuci celana jinsnya selama tiga bulan

Property

Salah Satu "Dosa" Menpera Selama Kepemimpinannya
Ali menilai, karena tidak adanya akses ini segala kordinasi menjadi tidak terakomodir dengan baik. Akibatnya, posisi Menpera hanya sebagai regulator saja, bukan sebagai eksekutor.