Getting time...
OKEHEALTH | DETAIL NATURAL HEALING

Si Pahit Penyembuh Batu Ginjal

Niken Anggun Nurani - Okezone
Jum'at, 15 Februari 2013 12:31 wib
detail berita
Pare (Foto: Livestrong)
JIKA Anda diingatkan dengan sayuran hijau yang terkenal pahit rasanya, pasti Anda akan menyebutkan pare. Sayuran Asia ini memang memiliki rasa yang kurang diminati. Namun di balik rasa pahit tersebut, ternyata pare dapat menyembuhkan batu ginjal.

Jika Anda memiliki batu ginjal, Anda mungkin mengalami rasa sakit di punggung atau perut, muntah, dan kesulitan buang air kecil. Beberapa karakteristik dari pare dapat menurunkan risiko Anda untuk mengembangkan batu ginjal. Anda bisa berkonsultasi  kepada dokter atau ahli gizi apakah Anda bisa memasukkan pare dalam diet seimbang untuk mencegah atau menghilangkan gejala batu ginjal, demikian yang dilansir Livestrong.

Sebagian besar batu ginjal adalah formasi keras dari kalsium fosfat atau kalsium oksalat. Bahkan jika Anda cukup beruntung, batu ginjal Anda bisa hilang tanpa gejala serta risiko Anda untuk berpotensi terkena batu ginjal lebih parah pun dapat diminimalisasi.

Penderita batu ginjal biasanya ada yang diriwayatkan oleh keluarga dan umumnya menyerang pria usia 20 sampai 50, sedang hamil, dan  dehidrasi. Dan, nutrisi tepat yang dapat menurunkan risiko tersebut ialah pare.

Dalam pare, ada vitamin C yang cukup untuk membantu memenuhi asupan nutrisi Anda. Kita tahu bahwa penderita batu ginjal rentan terhadap vitamin C. Terlalu banyak vitamin C dari suplemen dapat meningkatkan risiko terkena batu ginjal kalsium oksalat. Namun, vitamin C dari sumber makanan seperti pare tidak terlalu berbahaya karena risiko batu ginjal tampaknya meningkat hanya bila asupan lebih sekira 1.000 mg per hari yang berasa dari suplemen. (ind)

 
(tty)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

 
BACA JUGA »

Lifestyle

Intip Cara Ariel Tampil Maksimal
Di setiap aksi panggungnya, para personel Noah selalu menghadirkan yang terbaik. Tak heran jika band yang digawangi oleh Ariel, Uki, Lukman, David dan Reza itu selalu dipuja banyak kalangan.

Food

Nikmati Ragam Kuliner & Wine Berkualitas di Jejak Kuliner Australia
Warga Indonesia yang pernah berkunjung ke Australia memberi peringkat Australia sebagai tujuan nomor satu untuk pengalaman makanan dan anggur (wine). Ini didapat berdasarkan penelitian lembaga pariwisata Australia.

Property

REI: Akuisisi, Bisa Buat BTN Tak Fokus Urus Rumah Rakyat
"Saya harap BTN bisa tetep eksis, hanya BTN yang selama ini memberikan jumlah KPR paling banyak pada masyarakat Indonesia," katanya di Kadin, Jakarta, Rabu (23/4/2014).