Getting time...
OKEHEALTH | DETAIL NATURAL HEALING

Si Pahit Penyembuh Batu Ginjal

Niken Anggun Nurani - Okezone
Jum'at, 15 Februari 2013 12:31 wib
detail berita
Pare (Foto: Livestrong)
JIKA Anda diingatkan dengan sayuran hijau yang terkenal pahit rasanya, pasti Anda akan menyebutkan pare. Sayuran Asia ini memang memiliki rasa yang kurang diminati. Namun di balik rasa pahit tersebut, ternyata pare dapat menyembuhkan batu ginjal.

Jika Anda memiliki batu ginjal, Anda mungkin mengalami rasa sakit di punggung atau perut, muntah, dan kesulitan buang air kecil. Beberapa karakteristik dari pare dapat menurunkan risiko Anda untuk mengembangkan batu ginjal. Anda bisa berkonsultasi  kepada dokter atau ahli gizi apakah Anda bisa memasukkan pare dalam diet seimbang untuk mencegah atau menghilangkan gejala batu ginjal, demikian yang dilansir Livestrong.

Sebagian besar batu ginjal adalah formasi keras dari kalsium fosfat atau kalsium oksalat. Bahkan jika Anda cukup beruntung, batu ginjal Anda bisa hilang tanpa gejala serta risiko Anda untuk berpotensi terkena batu ginjal lebih parah pun dapat diminimalisasi.

Penderita batu ginjal biasanya ada yang diriwayatkan oleh keluarga dan umumnya menyerang pria usia 20 sampai 50, sedang hamil, dan  dehidrasi. Dan, nutrisi tepat yang dapat menurunkan risiko tersebut ialah pare.

Dalam pare, ada vitamin C yang cukup untuk membantu memenuhi asupan nutrisi Anda. Kita tahu bahwa penderita batu ginjal rentan terhadap vitamin C. Terlalu banyak vitamin C dari suplemen dapat meningkatkan risiko terkena batu ginjal kalsium oksalat. Namun, vitamin C dari sumber makanan seperti pare tidak terlalu berbahaya karena risiko batu ginjal tampaknya meningkat hanya bila asupan lebih sekira 1.000 mg per hari yang berasa dari suplemen. (ind)

 
(tty)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

 

Lifestyle

Moms, Jangan Sembarangan Beri Nama Anak
Begitu banyak hal yang perlu disiapkan oleh calon ibu dan ayah ketika menyambut kelahiran si kecil. Salah satu hal penting yang dipersiapkan adalah nama untuk sang buah hati.

Food

Starbucks Hadir dalam Mobile Truck
Ada berbagai cara yang dilakukan Starbucks untuk dekat dengan penggemarnya. Salah satunya, membuat mobile truck di kampus.

Property

Beda Industri Properti RI Dulu & Sekarang
Jika melihat Indonesia pada lima dekade lalu, sejumlah kota di Indonesia masih lengang. Namun saat ini, di Ibu kota Jakarta khususnya kian disesaki oleh gedung-gedung pencakar langit.