Getting time...
OKEHEALTH | DETAIL HEALTH & FIT

Ganti Karbohidrat Saat Diet, Pilihannya Tak Cuma Kentang

Niken Anggun Nurani - Okezone
Senin, 21 Januari 2013 13:43 wib
detail berita
Aneka karbohidrat (Foto: Google)
SALAH satu jenis makanan yang dihindari bagi mereka yang sedang menjalankan program diet adalah karbohidrat. Anda tidak perlu takut akan mengonsumsi makanan ini karena karbohidrat sebenarnya tidaklah menyeramkan seperti yang Anda pikirkan.
 
Banyak rumor tentang karbohidrat yang berlebihan beredar saat ini. Orang-orang berbondong-bondong menghindari karbohidrat yang dipercaya menjadi salah satu penyebab meningkatnya berat badan. Namun, kesalahpahaman terletak pada kenyataan bahwa kebanyakan orang tidak tahu perbedaan antara karbohidrat buruk dan karbohidrat yang baik, demikian yang dilansir Quickeasyfit.
 
Dokter menyatakan bahwa kebanyakan orang tidak memahami perbedaan antara karbohidrat baik dan buruk. Ini bermuara pada perbedaan antara karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Karbohidrat sederhana membentuk karbohidrat buruk karena mereka terdiri dari sebagian besar gula. Biasanya, karbohidrat ini mudah dikenali dari kata-kata yang diakhiri dengan "ose", seperti glukosa, laktosa, dan fruktosa.
 
Kebanyakan dokter menyarankan mengonsumsi karbohidrat kompleks untuk mempertahankan gaya hidup sehat. Sayuran, pasta, nasi, roti, dan kacang-kacangan mengandung sumber karbohidrat kompleks yang baik.
 
Tapi dokter memeringatkan terhadap makan karbohidrat kompleks yang mengandung tepung putih atau pati putih. Mereka merekomendasikan Anda untuk makan ubi jalar ketimbang kentang putih dan mereka juga menyarankan makan roti gandum, beras merah, dan pasta gandum. Makanan-makanan ini sehat dan memakan waktu lebih lama bagi tubuh untuk mencerna dan proses, sehingga Anda dapat memiliki lebih banyak energi dengan jangka panjang dari makanan ini. (ind)
 
(tty)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

 
BACA JUGA »

Lifestyle

Alami "Bridezilla" Nagita Slavina Didampingi Psikolog?

Banyak artis yang bungkam saat ditanya soal persiapan pernikahannya. Salah satunya pasangan artis Nagita Slavina dan Raffi Ahmad.


 

Food

Mario Irwinsyah Mahir Masak Kuliner Padang
Pemain film 3 Nafas Likas, Mario Irwinsyah mengaku sudah mahir membuat salah satu kuliner Padang, denden batokok.

Property

Bunga KPR BTN Bakal Segera Turun
Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara Tbk, Maryono mengutarakan, rencana salah satu BUMN untuk menyesuaikan bunga KPR mengikuti bank lain