Getting time...
OKEHEALTH | DETAIL SEXUAL HEALTH

Kapan Waktu Tepat Bersanggama Usai Melahirkan?

Niken Anggun Nurani - Okezone
Rabu, 2 Januari 2013 00:17 wib
detail berita
Usai melahirkan (Foto: Google)
USAI melahirkan, aktivitas bersanggama bisa kembali aktif dilakukan. Meski demikian, ada aturan mainnya sebelum kehidupan seksual tersebut berlangsung. Pemilihan waktu tepat yang memungkinkan wanita pulih pasca-persalinan wajib dipertimbangkan.

Para dokter selalu menyarankan para ibu yang habis melahirkan untuk menunggu selama kurang lebih enam minggu untuk melakukan hubungan seks. Ini dilakukan agar Anda terhindar dari infeksi yang mungkin timbul.

Anda mungkin harus cukup bersabar untuk dapat intim kembali dengan pasangan. Pasalnya, melakukan hubungan seks pasca-melahirkan dapat memicu adanya infeksi pada wanita. Dijelaskan dalam penelitian, bahwa leher rahim memang sudah menutup saat melahirkan, dan luka akibat melahirkan akan sembuh dalam waktu dua minggu. Namun rahim membutuhkan waktu sekira enam minggu agar rahim dan vagina dapat kembali ke bentuk normalnya, demikian yang dilansir Livestrong.

Wanita harus berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan kapan dirinya siap untuk melakukan hubungan seks pasca-melahirkan. Dalam beberapa kasus, wanita mengalami kehilangan darah yang signifikan akibat luka parah setelah melahirkan. Maka dari itu, para dokter merekomendasikan wanita untuk menunggu setidaknya enam minggu agar dapat kembali berhubungan seks.

Selain masalah fisik, wanita juga dihadapkan pada masalah psikologis. Segera setelah melahirkan, akan ada banyak perubahan hormonal yang terjadi pada tubuh wanita. Banyak wanita yang menjadi tidak tertarik untuk melanjutkan hubungan seks pasca- melahirkan. Ini biasa disebut dengan depresi postpartum (PPD). Ini adalah kondisi dimana adanya kombinasi antara gejala yang bersifat fisik dan emosional. Perubahan yang terjadi setelah seorang wanita melahirkan kadang-kadang dapat meninggalkan perasaan sedih, cemas, takut atau bingung.

Beberapa gejala termasuk perasaan gelisah atau pemarah, kelelahan, insomnia, makan berlebihan dan berat badan. Anda juga mungkin kehilangan minat atau kesenangan dalam berbagai kegiatan, termasuk seks. Postpartum depression dapat diobati dengan konseling atau obat. (ind) (tty)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

 

Lifestyle

Jangan Biarkan Kulit Dehidrasi Selama Puasa
Kekurangan air dan nutrisi bisa menjadi salah satu penyebab kulit kering dan kusam selama sedang menjalankan ibadah puasa. Untuk itu, kulit tetap harus mendapat perhatian.

Food

Zidan: Paling Susah Masak Rendang
Bukan suatu hal yang mudah untuk memasak makanan Indonesia. Hal ini dirasakan Zidan "Junior MasterChef" saat masak rendang.

Property

Cantiknya Markas Baru Platform SoundCloud di Berlin
Bagi Anda penggemar musik, pasti sudah tidak asing lagi mendengan aplikasi SoundCloud. Platform milik Alexander Ljung dan Eric Wahlforss ini, meresmikan kantor terbarunya di sebuah gedung perkantoran yang bernama Factory di Berlin,