Getting time...
OKEHEALTH | DETAIL HEALTH & FIT

Perpanjang Usia dengan Olahraga

SINDO
Selasa, 27 November 2012 09:34 wib
detail berita
Olahraga baik untuk kesehatan (Foto: Google)
BAGI anda yang sudah berumur mulai sekarang mari giatkan diri untuk berolahraga. Studi terbaru yang dilakukan para peneliti dari U.S. National Cancer Institute (NCI) menemukan bahwa menjaga kebugaran tubuh di usia di atas 40 tahun dapat memperpanjang usia antara 2-7 tahun.

Dan, semakin sering berolahraga, semakin panjang ekspektasi usia. ”Ada hubungan antara aktivitas fisik dan perpanjangan usia,” kata Investigator Steven Moore, peneliti dari NCI.
 
Dilansir dari Healthday.com, Steven mengatakan, menjalani olah tubuh selama beberapa menit dalam sehari berefek positif pada ekspektasi usia. Olahraga dapat memperpanjang usia dengan cara menjaga tubuh dari berbagai penyakit serius.

Steven menambahkan, penelitian lain telah berhasil menyimpulkan hubungan antara aktivitas fisik dengan rendahnya risiko penyakit jantung dan kanker. ”Intinya, berolahraga baik untuk tubuh, semakin sering makin baik,” sebutnya.
 
Penelitian ini dipublikasikan pada 6 November lalu di jurnal PLoS Medicine. Steven dan rekan-rekannya menyatukan dari 6 penelitian yang melibatkan lebih dari 650.000 orang. Berpanduan pada data ini, peneliti dapat mengalkulasikan peluang pertambahan usia dari berbagai jenis aktivitas fisik yang dilakukan setelah usia 40 tahun. Misalnya berjalan kaki cepat selama 75 menit setiap minggu dapat memperpanjang usia 1,8 tahun.

Sementara berjalan kaki 150-299 menit setiap hari bisa menambah usia 3,4 tahun. Bahkan, perpanjangan usia bisa mencapai 4,5 tahun jika berjalan 450 menit dalam seminggu. Perpanjangan usia ini berlaku bagi pemilik tubuh normal hingga obesitas.
(tty)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

 
BACA JUGA »

Lifestyle

Intip Cara Ariel Tampil Maksimal
Di setiap aksi panggungnya, para personel Noah selalu menghadirkan yang terbaik. Tak heran jika band yang digawangi oleh Ariel, Uki, Lukman, David dan Reza itu selalu dipuja banyak kalangan.

Food

Nikmati Ragam Kuliner & Wine Berkualitas di Jejak Kuliner Australia
Warga Indonesia yang pernah berkunjung ke Australia memberi peringkat Australia sebagai tujuan nomor satu untuk pengalaman makanan dan anggur (wine). Ini didapat berdasarkan penelitian lembaga pariwisata Australia.

Property

REI: Akuisisi, Bisa Buat BTN Tak Fokus Urus Rumah Rakyat
"Saya harap BTN bisa tetep eksis, hanya BTN yang selama ini memberikan jumlah KPR paling banyak pada masyarakat Indonesia," katanya di Kadin, Jakarta, Rabu (23/4/2014).