Getting time...
OKEHEALTH | DETAIL HEALTH UPDATE

Hospital Expo Langkah Awal Majukan Dunia Kesehatan Dalam Negeri

Ina Naulanifa - Okezone
Rabu, 7 November 2012 18:13 wib
detail berita
Hospital expo 2012 di JCC (Foto: Ina/Okezone)
HOSPITAL Expo 2012 kembali digelar untuk ke-25 kalinya. Pada kesempatan kali ini Hospital Expo 2012 mengusung tema Strategi Rumah Sakit Menghadapi Arus Kuat Perubahan sebagai Dampak akan Berlakunya UU SJSN dan Internasionalisasi Akreditasi.  
Event ini diikuti oleh stand-stand yang mendisplay alat kesehatan terkini beserta teknologi-teknologi lainnya yang diperuntukkan bagi pengunjung dari institusi kesehatan.
 
Hospital Expo yang diselenggarakan selama empat hari di Jakarta Convention Center mulai 7-10 Nopember 2012 ini menggandeng produsen dari 355 company yang menempati 566 booth/stand, dengan didominasi oleh perusahaan luar negeri sebanyak 28 persen.
 
“Indonesia adalah negara berkembang yang secara aktif membangun bangsa khususnya di bidang kesehatan. Dari situlah muncul kesadaran perlunya infrastruktur kesehatan modern dan peralatan kesehatan modern bagi bangsa, lewat Hospital Expo ini,” tutur Dr. Robert Imam Suteja, MIPRA, Kepala Divisi Humas & Informasi Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI), sekaligus Ketua Dewan Pakar Ikatan Dokter Indonesia untuk wilayah DKI Jakarta.
 
Dalam wawancara eksklusifnya bersama Okezone, Rabu (07/11/2012), Dr. Robert juga menjelaskan bahwa dengan adanya Hospital Expo diharapkan memberikan informasi tentang pengembangan peralatan kesehatan kepada masyarakat terutama kepada kesehatan masyarakat.
 
“Tujuan ke depannya, kita ingin event  seperti ini menjadi perangsang tumbuh dan kembangnya produksi alat-alat kesehatan dalam negeri. So far, ya nggak bisa jalan di tempat. Ada, tapi pertumbuhannya tidak terlalu signifikan,” katanya.
 
Sementara tujuan lainnya adalah untuk memotivasi konsumen agar bersedia untuk menggunakan peralatan kesehatan produk Indonesia serta membangun jaringan alat kesehatan nasional.


“Ada beberapa alat kesehatan yang diproduksi dalam negeri seperti tensimeter dan hospital bed yang bahkan sudah diekspor ke luar negeri. Tapi ya Cuma itu saja. Kalau alat-alat bedah kita masih belum bisa bikin. Entah kenapa saya juga tidak tahu. Itulah yang mengherankan saya, kenapa kita yang katanya sudah bisa membuat pesawat terbang, tapi pisau bedah kok nggak bisa? Nggak bisa atau nggak mau, saya juga nggak tahu,” jelasnya.
 
Karena itulah, dengan adanya pameran alat-alat kesehatan ini diharapkan menjadi stimulus dalam mengembangkan alat-alat kesehatan dalam negeri. “Di Indonesia ini kan sudah banyak dokter-dokter ahli dan orang-orang pintar. Saya yakin Indonesia mampu. Ini kan demi memajukan sektor kesehatan dalam negeri,” tegasnya.
(tty)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

 

Food

Buah Terbaik untuk Sarapan Pagi
Sarapan adalah makan yang paling penting dilakukan setiap hari. Cara makannya pun harus teratur, termasuk di dalamnya terdapat asupan buah.

Property

Alasan Kingdom Tower Dibangun di Jeddah
Pada 27 April besok, Kingdom Tower akan mulai dibangun. Dan ditargetkan akan selesai pada tahun 2017 atau 2018. Menara tersebut akan dibangun di Jeddah, Arab Saudi.