Getting time...
OKEHEALTH | DETAIL SEXUAL HEALTH

Pria, Siapkan Diri Hadapi Andropause dari Sekarang!

Niken Anggun Nurani - Okezone
Selasa, 6 November 2012 20:57 wib
detail berita
Persiapkan diri sebelum Andropause
BUKAN hanya wanita yang akan mengalami penurunan hormon (menopause) saat usianya sudah tidak lagi muda. Para pria juga akan mengalami kondisi yang disebut dengan andropause.
 
Andropause adalah sindrom medis pada pria usia lanjut yang disebabkan oleh penurunan kadar testosteron. Kadar testosteron akan menurun secara perlahan dengan bertambahnya usia yang dimulai kira-kira pada usia 40 tahunan (proses aging) atau karena “sebab-sebab” lain.
 
“Umumnya gejala andropause pada pria berupa penurunan gairah seksual, disfungsi ereksi, kelelahan, depresi, perubahan suasana hati, lekas marah, kehilangan memori, insomnia, lemak tubuh meningkat, penurunan massa otot, osteroprosis,’’ ujar ujar spesialis androlog, Dr. Anton Darsono Wongso, MM, MH, Sp.And, dari Rumah Sakit Awal Bros, Tangerang dalam surat elektroniknya kepada Okezone,  belum lama ini.
 
Tapi Anda tidak perlu khawatir, Dr. Anton memberikan tips agar Anda dapat memperlambat proses andropause ini.
 
“Makanan yang tepat, minum vitamin dan suplemen tambahan, menjaga kebugaran fisik, memeriksakan kesehatan secara teratur, mengurangi stres dan kekhawatiran, dapat memperlambat proses andropause dan mempersiapkan tubuh Anda dari penurunan hormon tertentu,” tutup Dr. Anton. (ina)
(tty)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

 
BACA JUGA »

Lifestyle

Intip Cara Ariel Tampil Maksimal
Di setiap aksi panggungnya, para personel Noah selalu menghadirkan yang terbaik. Tak heran jika band yang digawangi oleh Ariel, Uki, Lukman, David dan Reza itu selalu dipuja banyak kalangan.

Food

Nikmati Ragam Kuliner & Wine Berkualitas di Jejak Kuliner Australia
Warga Indonesia yang pernah berkunjung ke Australia memberi peringkat Australia sebagai tujuan nomor satu untuk pengalaman makanan dan anggur (wine). Ini didapat berdasarkan penelitian lembaga pariwisata Australia.

Property

REI: Akuisisi, Bisa Buat BTN Tak Fokus Urus Rumah Rakyat
"Saya harap BTN bisa tetep eksis, hanya BTN yang selama ini memberikan jumlah KPR paling banyak pada masyarakat Indonesia," katanya di Kadin, Jakarta, Rabu (23/4/2014).