Getting time...
OKEHEALTH | DETAIL SEXUAL HEALTH

Ini Waktu Terbaik untuk Pembuahan

K. Wahyu Utami - Okezone
Kamis, 25 Oktober 2012 04:22 wib
detail berita
Bercinta (Foto: Corbis)
KEHAMILAN merupakan hal yang paling ditunggu oleh pasangan suami-istri yang mendambakan seorang anak untuk hadir dalam keluarganya. Kehadiran seorang anak dalam suatu keluarga menjadi hal yang dapat menjadikan sebuah keluarga lebih hidup, dinamis, dan lengkap.

Kehamilan terjadi akibat adanya pembuahan sel telur di dalam indung telur wanita oleh sperma. Dalam proses alamiah, hal ini terjadi karena sperma masuk ke indung telur melalui saluran rahim pada saat melakukan hubungan seks.

Akan tetapi, terkadang pasutri tidak mengetahui kapan waktu yang tepat bagi mereka untuk melakukan pembuahan tersebut. Untuk mendapatkan jawaban itu, menurut Yovinka Mahanani dalam bukunya yang berjudul Tips Dahsyat Cara Alami Untuk Cepat Hamil, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui.

Kapan waktu terbaik? 

Tanggal "keramat" biasanya disarankan oleh dokter untuk berhubungan seks pada pasangan yang sedang mengikuti program kehamilan. Tanggal ini berada pada masa subur wanita, dimana sebanyak enam hari dalam sebulan.

Pada saat ovulasi, yaitu sel telur matang dilepaskan dari rahim menuju tuba falopi (saluran telur) untuk dibuahi. Pembuahan akan terjadi bila sperma yang dapat bertahan lebih dari 100 jam, maka harus berada di bagian atas dari tuba falopi ketika telur dilepaskan dari ovarium.

Kapan tepatnya wanita berovulasi?

Siklus menstruasi antara 26-32 hari. Jika siklus mensturasi 28 hari, maka biasanya ovulasi pada hari ke-14. Namun, bila siklus menstruasi rutin 28 hari pun, ovulasi belum tentu terjadi pada waktu yang sama setiap siklusnya. Gejala ovulasi biasanya ditandai oleh perubahan pada lendir serviks yang lebih bening.

Tanda lain adalah rasa nyeri di salah satu sisi dan saat inilah waktu yang tepat untuk berhubungan seks. (ina)
(tty)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

 
BACA JUGA »

Lifestyle

Pakai Sport Bra, Rita Ora Pamer Perut Kencang
Gaya berbusana penyanyi Rita Ora, selalu mengundang perhatian. Seperti terlihat beberapa waktu yang lalu saat peluncuran parfum, ia kenakan busana serba metalik. Nah, kali ini penyanyi yang gemar pakai lipstik merah, terlihat tampil mengenakan setelan busana sporty.

Food

Restoran yang Kerap Disinggahi Linda Gumelar
Berkumpul dengan keluarga merupakan hal berharga, terutama jika anggota keluarga sudah memiliki kesibukan masing-masing. Hal ini dialami Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Gumelar.

Property

Gianyar, Pelopor Kota Layak Anak di Indonesia
Kota Gianyar dinobatkan sebagai Kota Layak Anak oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Gumelar.