Getting time...
OKEHEALTH | DETAIL FAMILY HEALTH

Saatnya Berperilaku Hidup Bersih & Sehat

Niken Anggun Nurani - Okezone
Kamis, 27 September 2012 12:44 wib
detail berita
Biasakan mencuci tangan (Foto: Corbis)
PERILAKU hidup bersih dan sehat (PHBS) memang sangat sulit dilakukan jika tidak dimulai sejak dini. Namun, tanpa pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari, maka impian untuk mewujudkan hidup yang sehat dan bersih, baik secara individu maupun lingkungan tidak dapat tercapai.
 
Salah satu usaha untuk menciptakan PHBS di lingkungan masyarakat dengan adanya pasar sehat yang dibangun di sekitar masyarakat. Contohnya, pasar sehat di Piyungan, Bantul. Demi menciptakan PHBS, baik secara individu maupun lingkungan, Pemda setempat bekerja sama dengan Unilever membangun pasar dan fasilitas penunjang kesehatan.
 
“Agar masyarakat bisa menerapkan PHBS dalam kehidupan sehari-hari dan lingkungannya, kami memberikan pembiasaan perilaku hidup sehat dan bersih kepada para pedagang, misalnya memberikan jadwal bersih-bersih lapak dagang yang dilakukan secara bergantian dan ini dilakukan setiap hari,” tutur Sinta Kaniawati, General Manager Unilever Indonesia Foundation, pada sambutannya dalam acara Bincang-Bincang Pasar Sehat di Ndalem Ngabean, Yogyakarta, baru-baru ini.
 
Dengan melakukan kegiatan yang wajib dilakukan setiap hari, diharapkan para pedagang jadi terbiasa berperilaku hidup bersih dan sehat. “Proses pembiasaan seperti ini tentu membutuhkan waktu yang lama, tidak cukup satu atau dua tahun. Namun, dengan adanya pembiasaan ini, kita sudah membantu masyarakat, khususnya para pedagang memulai perilaku hidup bersih dan sehat di tempat mereka bekerja sendiri,” tutup Sinta. (ina)
 
(tty)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

 
BACA JUGA »

Lifestyle

Ingin Kenikmatan Seks? Coba Bertengkar di Ranjang!

Pria sangat suka bereksperimen soal seks. Sayangnya, wanita masih suka malu-malu untuk mengungkapkan hasrat bercinta kepada pasangan.

Food

Fun Easter Brunch bersama Harris Dino
Rayakan Paskah tahun ini bersama teman dan keluarga di Harris Hotel & Conventions Kelapa Gading. Nikmati kelezatan Easter Brunch di Harris Cafe pada Minggu, 20 April 2014, dan bawa serta buah hati untuk bergembira bersama Harris Dino.

Property

Green Building Memang Mahal, Tapi..
"Kebanyakan perusahaan asing yang berkantor di Indonesia tidak mau kalau kantornya tidak green building. Karena memang mereka lebih cenderung menginginkan hemat dari segi operasional gedung,"