Getting time...
OKEHEALTH | DETAIL SEXUAL HEALTH

Pentingnya Menjaga Organ Intim Wanita

Niken Anggun Nurani - Okezone
Kamis, 20 September 2012 20:15 wib
detail berita
dr. Inneke Sirowanto,SpOG Spesialis Kebidanan & Kandungan (Foto: Niken/Okezone)
MENJAGA kesehatan organ reproduksi, khususnya wanita, memang tidak mudah. Malah terkadang kita merasa sudah menjaga kebersihan organ intim dengan sebaik-baiknya, tetap saja timbul masalah.
 
Beberapa wanita mungkin acuh tak acuh dalam menjaga kesehatan organ intimnya. Padahal, jika tidak dirawat dengan baik bisa muncul berbagai penyakit organ reproduksi yang berbahaya. Seperti yang dijelaskan dr. Inneke Sirowanto, SpOG, spesialis kebidanan & kandungan saat ditemui Okezone dalam wawancara eksklusif di RS Awal Bros, Tangerang, Rabu, 19 September 2012.
 
“Banyak masalah yang dapat mengganggu kesehatan organ reproduksi wanita, misalnya infeksi yang disebabkan oleh jamur, virus, atau bakteri, yang dapat menyebabkan radang panggul atau ada kelainan pada struktur organ reproduksi wanita,” jelasnya.
 
Salah satu penyakit yang cukup mendapat perhatian ialah radang panggul. Gejalanya bisa berupa keputihan, sering nyeri perut yang hilang timbul bukan saat menstruasi, dan cukup berbahaya jika dibiarkan.
 
 
“Kista, mium, adalah penyakit yang bisa saja timbul karena adanya infeksi. Oleh karena itu, pencegahan dengan melakukan pemeriksaan secara teratur, seperti USG, atau HSG, akan sangat baik dilakukan. Selain itu, menjaga kebersihan organ reproduksi juga sangat penting,” tutup dr. Inneke.
(tty)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

 

Lifestyle

Wanita Ini Percantik Nagita Slavina saat Dilamar Raffi
9 Agustus 2014 merupakan momen bahagia bagi pasangan selebriti Nagita Slavina dan Raffi Ahmad. Raffi telah mengikat Nagita alias Gigi dengan melamarnya di Apartemen Capital, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Food

Lego Ini Bisa Dimakan
Lego menjadi salah satu mainan yang paling banyak digemari anak-anak. Tapi sekarang tidak hanya dimainkan, lego bisa juga dimakan.

Property

MNC Bangun Lapangan Golf Bertaraf Internasional
PT MNC Land Tbk (KPIG) akan mengembangkan sebuah kawasan golf bertaraf internasional. Lapangan golf ini rencananya akan dibangun di kawasan resor Lido, Jawa Barat.