Getting time...
OKEHEALTH | DETAIL SEXUAL HEALTH

Efek Samping Susu Kedelai bagi Kesehatan Reproduksi

Niken Anggun Nurani - Okezone
Kamis, 16 Agustus 2012 00:11 wib
detail berita
Susu kedelai (Foto: Corbis)
SUSU kedelai merupakan alternatif lain dari susu sapi. Biasanya orang-orang yang sedang diet, vegetarian, dan orang dengan alergi protein susu mengonsumsi susu kedelai. Namun ternyata, ada sisi negatif dari susu kedelai yang Anda konsumsi.

Kedelai adalah bahan baku yang bisa dijadikan berbagai macam makanan. Tahu, tempe, dan susu kedelai menjadi salah satu produk hasil dari pengolahan kedelai. Susu kedelai memang tidak sepopuler susu sapi. Tapi, punya manfaat yang hampir sama dengan susu sapi. Sayangnya, ada efek samping yang dihasilkan oleh susu kedelai, yang berdampak buruk bagi kesehatan reproduksi Anda, seperti dilansir Ehow.

Sebuah penelitian di Linus Pauling Institute melaporkan bahwa pada wanita, susu kedelai dapat menyebabkan kanker endometrium atau lapisan rahim. Susu kedelai juga dapat menyebabkan kanker tiroid dan kanker payudara. Beberapa pengobatan kanker, seperti kemoterapi dapat menyebabkan infertilitas.

Laporan dari Pusat Penyembuhan Global bahwa isoflavon susu kedelai juga dapat mempengaruhi produksi sperma pria dan terjadi penurunan kuantitas sebanyak 40 persen.

Fitoestrogen, senyawa yang ditemukan dalam susu kedelai mengurangi testosteron pada pria. Selain masalah seperti osteoporosis dan penyakit kardiovaskular, kadar testosteron rendah juga dapat menyebabkan gairah seks menurun pada pria. Konsumsi susu kedelai dalam porsi yang tidak berlebihan tentu tidak akan membawa Anda pada faktor risiko efek samping dari susu kedelai ini. (ina)
(tty)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

 
BACA JUGA »

Lifestyle

Akhirnya, Victoria Beckham Diguyur Air Es!

Victoria Beckham sempat menerima tantangan dari sahabatnya sesama model, Eva Longoria, dan desainer Diane Von Furstenberg untuk mengikuti Ice Bucket Challenge. Akhirnya, dia memenuhi tantangan tersebut, kemarin.

Food

Kopi Kucing yang Menggemaskan
Mempunyai bakat yang unik, seorang barista membuat hiasan kucing dan hamster pada busa kopi. Siapakah dia?

Property

69 Tahun Merdeka, Berikut Kondisi Properti RI Sekarang
Industri properti Indonesia saat ini memang tengah berkembang. Gedung perkantoran dimana-mana, apartemen kian menjamur dan perumahan pun kian banyak. Tahun ini, tepatnya pada tanggal 17 Agustus lalu, Indonesia memperingati 69 tahun kemerdekaannya.