Getting time...
OKEHEALTH | DETAIL FAMILY HEALTH

Rahasia Tidur Nyenyak ketika Hamil

Restika Ayu Prasasty - Okezone
Rabu, 8 Agustus 2012 08:43 wib
detail berita
Bumil tidur nyaman (Foto: Corbis)
HAMPIR semua wanita hamil memiliki masalah tidur. Sebagian besar, gangguan tidur ketika hamil adalah normal dan bersifat sementara. Tetapi, kadang-kadang menjadi menyusahkan ketika Anda jadi tidak bisa tidur di malam hari, susah menentukan posisi tidur yang nyaman, kram, begah, dan lain-lain.  
Ada banyak alasan yang menyebabkan masalah tidur pada wanita hamil. Pertama-tama, dimulai ketika sperma bertemu sel telur, tingkat hormon wanita berubah. Estrogen dan progesteron meningkat selama kehamilan, seperti halnya tingkat prolaktin dan kortisol.
 
Penelitian menunjukkan bahwa perubahan hormon merubah pola tidur, jam tidur, lamanya tidur, nyenyak atau tidak nyenyak pada wanita hamil. Sedangkan wanita yang tidak memiliki masalah biasanya menderita nyeri pinggul, kram otot, dan mendengkur. Calon ibu pun kesulitan mencari posisi tepat yang nyaman untuk tidur. Ditambah janin cenderung menjadi lebih aktif ketika malam hari, seperti dilansir Babble.
 
Jika calon ibu ingin beristirahat dengan nyenyak, beristirahatlah 20-30 menit lebih awal dari waktu tidur rutin, hindari kafein dan alkohol, olahraga pada siang hari bukan malam hari. Selain itu, pertimbangkanlah langkah-langkah berikut.
 
Memahami dan mengelola cahaya
 
Cahaya mengirimkan sinyal peringatan ke otak yang menekan melatonin (yang Anda butuhkan untuk merasa mengantuk), dan membuat Anda sulit untuk tertidur. Kendalikan paparan cahaya di rumah Anda dengan cara:
- Redupkan lampu rumah Anda sedikit ketika mendekati waktu tidur.
- Letakkan lampu dengan cahaya redup di kamar mandi atau lorong sehingga ketika Anda bangun untuk buang air kecil, Anda tidak perlu menyalakan lampu kamar mandi.
- Gunakan tirai putih untuk memblokir cahaya pagi.
- Hindari cahaya buatan. Jangan menggunakan atau menaruh alat-alat elektronik ketika akan tidur.
 
Tidur siang dengan cerdas
 
Banyak ibu hamil menebus tidur malam yang hilang dengan tidur siang. Ketika siang hari, tidur singkatlah selama 20 menit jika Anda bisa. Tapi, hindari tidur siang di sore hari atau senja hari sehingga tidak mengganggu tidur malam hari Anda.
 
Makan dan minum sedikit
 
Minum banyak air di siang hari, tapi kurangi sebelum waktu tidur sehingga Anda tidak cenderung ingin buang air kecil di tengah malam. Hindari makanan pedas atau berat beberapa jam sebelum waktu tidur untuk mengurangi gejala sakit maag.
 
Mendinginkan diri
 
Biasanya, suhu tubuh Anda sedikit turun ketika Anda mengantuk di malam hari, Anda perlu hal ini agar bisa tidur dengan damai. Tapi, fluktuasi hormon selama kehamilan dapat mengganggu proses alami dan membuat Anda gelisah. Jika Anda merasa kepanasan atau hangat di malam hari, pakailah pakaian tidur yang ringan dan terbuat dari katun seperti piyama. Selain itu, taruh cadangan piyama dan segelas air es di samping tempat tidur Anda.
 
Percobaan dengan bantal
 
Taruh dua-tiga bantal di dekat tempat tidur Anda. Berbarik lalu cobalah menaruh satu bantal di antara kaki Anda dan satu-dua bantal di punggung Anda. Tata kembali bantal sampai Anda menemukan posisi tidur yang nyaman. Anda tidak harus membeli bantal khusus hamil, Anda bisa menggunakan bantal yang panjang atau yang biasa disebut bantal cinta.
 
Bekerja dengan pasangan Anda
 
Perubahan tidur ketika hamil tidak hanya mempengaruhi Anda, tetapi juga pasangan. Bicaralah dengan pasangan agar membantu satu sama lain tidur dengan nyenyak.
(tty)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

 
BACA JUGA »