Getting time...
OKEHEALTH | DETAIL HEALTH UPDATE

Gamma Knife Lebih Efektif daripada Operasi Bedah Konvensional

Niken Anggun Nurani - Okezone
Kamis, 26 Juli 2012 22:13 wib
detail berita
Suasana di ruang operasi (Foto: Corbis)
SELAIN membentuk Comprehensive International Neurosurgery Team sebagai bentuk sumbangsih kepada masyarakat Indonesia, dalam mengedukasi dan penanganan komprehensif terhadap penyakit-penyakit mematikan terutama yang terdapat di sekitar otak manusia, tim bedah syaraf RS Siloam Jakarta juga memperkenalkan alat baru bernama Gamma Knife.
 
Gamma Knife adalah suatu metode terapi sinar gamma (radiosurgery) yang digunakan untuk pengobatan tumor dan kelainan-kelainan lainnya di otak tanpa membuka tulang tengkorak. Radiasi sinar gamma ini digunakan untuk menghancurkan sel-sel yang sakit sementara menjaga sel-sel lainnya yang masih sehat.
 
“Dalam operasi Gamma Knife dipancarkan sebanyak 200 sinar radiasi yang difokuskan ke tumor atau target lainnya. Setiap pancaran sinar mempunyai dampak kecil terhadap sel otak yang dilaluinya, namun memiliki dosis radiasi yang cukup besar pada lokasi target di mana semua pancaran-pancaran bertemu,” terang Prof. Eka J. Wahjoepramono, MD, PhD, dokter ahli bedah syaraf dari Siloam Hospital, Jakarta, Kamis (26/7/2012).
 
Keakuratan operasi Gamma Knife hampir tidak menyebabkan kerusakan pada sel-sel yang berada di sekitar target penyinaran dan dalam beberapa kasus hanya menyebabkan sedikit efek samping dibandingkan dengan perawatan radiasi biasa.
 
“Dari sisi biaya, operasi Gamma Knife lebih efisien dibandingkan operasi bedah syaraf konvensional. Masa tinggal pasien di rumah sakit dapat menjadi lebih singkat, pasien dapat datang malam sebelum tindakan dan pulang setelah selesai dilakukan tindakan,” kata Prof. Eka.
 
Bahkan, menurut dokter yang terpilih sebagai Ketua tim International Conference on Cerebovascular Surgery (ICCVS) ini, pasien tidak akan mengalami ketidaknyamanan dan efek samping langsung.
 
“Dampak dari perawatan ini akan terlihat dengan berjalannya waktu. Lesi atau tumor akan hancur dan mengecil secara berkala dan pada akhirnya akan menghilang atau tidak akan mengalami pertumbuhan. Operasi Gamma Knife biasanya dapat diselesaikan dalam satu hari,” jelasnya.
 
Gamma Knife menawarkan pilihan yang lebih aman dibandingkan operasi pembedahan otak biasa, tidak memerlukan bius umum dan operasi membuka tulang tengkorak. Gamma Knife Center Indonesia merupakan kolaborasi  para ahli bedah syaraf dan ahli rasiasi onkologi dari Siloam yang berkolaborasi dengan ahli bedah saraf dari Amerika Serikat, serta Eropa untuk mendiagnosa dan mengembangkan terapi terbaik untuk pasien.
 
Namun demikian, pencegahan penyakit dengan melakukan deteksi dini sangatlah penting. Check up dengan menggunakan Magnetic Resonance Imaging (MRI) merupakan salah satu cara untuk mengetahui kondisi tubuh bagian dalam, sehingga bila ada kelainan dapat segera diatasi. (ina)
(tty)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

 
BACA JUGA »

Lifestyle

Cara Mudah untuk Terlihat Jadi Pria Dewasa
Anda berumur sekira 30 tahunan dan memiliki karier yang sukses. Tetapi orang-orang terus berpikir bahwa Anda seperti masih berkuliah dan terlihat lebih muda dari usia sebenarnya.

Food

Ke Singapura, Farah Quinn Perkenalkan Mi Pangsit Indonesia
Rasa bangga terhadap kuliner Indonesia terus digaungkan ke mancanegara. Kali ini melalui tangan celebrity chef Farah Quinn. Dia memperkenalkan mi pangsit Indonesia di Singapura.

Property

2014, Pertumbuhan Hotel di Indonesia Diprediksi 35,7%
Menurut sebuah lembaga riset dibidang perhotelan, STR Global, tahun 2014 ini kawasan Asia Pasific akan dipenuhi dengan 2.312 hotel baru dengan 513.443 kamar.