Getting time...
OKEHEALTH | DETAIL NATURAL HEALING

Cara Cepat Hilangkan Bekas Gigitan Nyamuk

Niken Anggun Nurani - Okezone
Selasa, 24 Juli 2012 10:18 wib
detail berita
Nyamuk menggigit kulit (Foto: Corbis)
KESAL dengan bekas gigitan nyamuk yang tak kunjung hilang? Ini dia cara-cara yang dapat Anda gunakan untuk membantu menghilangkan bekas gigitan nyamuk.
 
Nyamuk (Culicidae) merupakan serangga yang mengigit manusia atau hewan. Gigitan nyamuk bisa membuat kulit kita menjadi gatal dan berubah menjadi benjolan pada permukaan kulit. Dalam beberapa kasus, gigitan bisa berubah menjadi bekas luka yang membekas. Masalah muncul ketika gigitan ini sangat terlihat, misalnya di tangan, wajah, atau kaki.
 
Berikut cara yang bisa Anda aplikasikan untuk mengatasi gigitan nyamuk, seperti dilansir E-how.

Oleskan campuran minyak geranium dan minyak neroli
 
Campurkan lima tetes minyak geranium, tiga tetes minyak neroli, dan tiga sendok makan krim wajah yang biasa Anda gunakan. Geranium merupakan antiseptik yang mengurangi peradangan. Dalam kombinasi dengan bahan lain, geranium akan menjaga kulit lentur dan membantu membuat noda kurang terlihat. Kombinasikan dengan witch hazel pada gigitan nyamuk akan mengurangi pembengkakan dan rasa gatal.

Gunakan tretinoin
 
Tretinoin umumnya dikenal sebagai "Retin-A," sering digunakan untuk mengobati jerawat. Namun, vitamin A derivatif juga membantu memudar bintik-bintik cokelat dan noda dengan bekerja pada tingkat sel untuk memperbarui sel kulit. E-how melansir dibutuhkan waktu (hingga tiga bulan) sebelum Anda akan melihat hasil. Tapi, ini merupakan salah satu obat yang yang telah mengalami pengujian ilmiah yang ketat dan telah terbukti dapat meningkatkan kualitas kulit.
 
Kompres dengan es batu
 
Bungkus sepotong es dengan handuk kertas dan terapkan pada kulit Anda segera yang digigit nyamuk. Ini dapat membantu untuk mengurangi iritasi bengkak dan kulit.
 
Jangan digaruk!
 
Hindari menggaruk bekas gigitan nyamuk. Jika Anda menggaruk kulit dengan berlebihan dapat meningkat iritasi. Jika daerah ini gatal, gosok dengan ujung jari daripada kuku jari Anda. (ina)
(tty)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

 
BACA JUGA »

Lifestyle

Horoskop 24-26 April 2014 (I)
Semakin panas krisis yang dialami, semakin Anda tetap tenang. Ini terbukti ketika hal-hal akan mencapai titik puncaknya.

Food

Nikmati Ragam Kuliner & Wine Berkualitas di Jejak Kuliner Australia
Warga Indonesia yang pernah berkunjung ke Australia memberi peringkat Australia sebagai tujuan nomor satu untuk pengalaman makanan dan anggur (wine). Ini didapat berdasarkan penelitian lembaga pariwisata Australia.

Property

REI: Akuisisi, Bisa Buat BTN Tak Fokus Urus Rumah Rakyat
"Saya harap BTN bisa tetep eksis, hanya BTN yang selama ini memberikan jumlah KPR paling banyak pada masyarakat Indonesia," katanya di Kadin, Jakarta, Rabu (23/4/2014).