Getting time...
OKEHEALTH | DETAIL HEALTH & FIT

Sejuta Manfaat Roti Gandum

Gustia Martha Putri - Okezone
Senin, 23 Juli 2012 12:45 wib
detail berita
Roti gandum (Foto: Boldsky)
APAKAH Anda sudah mencoba roti gandum? Jika belum, ketahui manfaatnya dan jangan ragu lagi mengonsumsinya.

Roti gandum dibuat dengan tepung gandum atau ada juga yang diolah dari biji-biji gandum utuh. Karena itu, kaya akan serat dan nutrisi.

Roti gandum dapat dijadikan pilihan alternatif bagi yang sedang diet atau bagi para diabetisi karena roti ini rendah lemak, rendah kadar gula, serta lebih rendah kalorinya dibandingkan roti putih biasa.

Sebagaimana dilansir Boldsky, Senin (23/7/2012), roti gandum berwarna cokelat akibat dari warna biji-bijian murni di dalamnya. Roti ini memiliki nilai gizi lebih daripada roti putih karena mereka mempertahankan kuman baik dan bagian dedak gandum alami.

Hal inilah yang membuat roti gandum baik untuk kesehatan. Roti gandum juga kaya akan vitamin E dan asam lemak esensial yang baik untuk kesehatan karena dapat dicerna dengan mudah.

Untuk yang sedang berdiet, roti gandum merupakan pilihan makanan yang sangat baik karena tidak akan membuat Anda gemuk. Roti ini justru membantu Anda menjadi langsing karena kandungan lemaknya yang sangat sedikit.

Roti gandum yang kaya akan serat ini juga sangat penting untuk memiliki sistem pencernaan yang sehat. Jika cukup asupan roti gandum, Anda akan merasa kenyang dengan kadar serat tinggi. Hal ini pun akan mengurangi nafsu makan Anda.

Serat mengatur sistem pencernaan dan membantu membersihkan usus. Selain itu, roti gandum juga memiliki efek lebih ringan pada tingkat gula darah sehingga aman untuk diabetesi. Hal ini dikarenakan tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk bisa diserap dalam aliran darah.

Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi roti gandum memiliki kesempatan yang jauh lebih rendah terkena serangan jantung karena dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Yang perlu diwaspadai, kadang-kadang penjual roti hanya menambahkan pewarna cokelat atau bubuk kopi saja untuk memberikan warna cokelat yang sama dengan roti gandum asli. Jadi, Anda harus yakin bahwa roti berwarna cokelat yang dibeli harus berisi 100 persen biji-bijian gandum. Sebelum membeli, periksa daftar bahan roti dan lihat apakah gandum adalah bahan utamanya.

Kendati demikian, roti gandum mengandung karbohidrat sehingga makan terlalu banyak pun juga tidak sehat. Konsumsilah roti dalam proporsi yang terbatas agar tetap sehat.
(tty)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

 

Lifestyle

Moms, Jangan Sembarangan Beri Nama Anak
Begitu banyak hal yang perlu disiapkan oleh calon ibu dan ayah ketika menyambut kelahiran si kecil. Salah satu hal penting yang dipersiapkan adalah nama untuk sang buah hati.

Food

Starbucks Hadir dalam Mobile Truck
Ada berbagai cara yang dilakukan Starbucks untuk dekat dengan penggemarnya. Salah satunya, membuat mobile truck di kampus.

Property

Beda Industri Properti RI Dulu & Sekarang
Jika melihat Indonesia pada lima dekade lalu, sejumlah kota di Indonesia masih lengang. Namun saat ini, di Ibu kota Jakarta khususnya kian disesaki oleh gedung-gedung pencakar langit.