Getting time...
OKEHEALTH | DETAIL NATURAL HEALING

Makanan Alami Ampuh Perbanyak & Lancarkan ASI

Gustia Martha Putri - Okezone
Sabtu, 14 Juli 2012 08:17 wib
detail berita
Kedelai bantu memperlancar ASI (Foto: Corbis)
IBU menyusui kerap mendapatkan masalah dalam produksi air susunya. Selama ini, cara tradisional dengan mengonsumsi daun katuk, tapi banyak herbal lain yang dapat digunakan.
 
Pemenuhan kebutuhan bayi akan ASI merupakan sebuah hak bayi yang harus dipenuhi oleh seorang ibu. Pasalnya, ASI merupakan makanan terbaik bayi terkhusus di enam bulan pertama kehidupan mereka.
 
Banyak faktor yang memengaruhi kurangnya produksi ASI seorang ibu, salah satunya stres. Kekurangan produksi ASI banyak menyebabkan ibu menyerah pada penggunaan susu formula.
 
“Pada prinsipnya, sebaik apapun susu formula, air susu alami dari tubuh ibu tetaplah yang terbaik bagi buah hati. Oleh karenanya, ibu dapat terus memperjuangkan kelancaran ASI demi buah hati dengan mengonsumsi beberapa makanan pelancar produksi ASI,” tutur Tjok Gde Kerthyasa, ahli homepathy (ahli herbal) asal Bali, saat dihubungi Okezone, Kamis, 13 Juli 2012.
 
Tjok menjelaskan makanan-makanan berikut ini beberapa pilihan termudah yang dapat dipilih ibu.
 
Biji adas
 
Biji adas merupakan salah satu langkah cara herbal yang termudah untuk memperlancar dan memperbanyak produksi ASI. Ibu biasanya menggunakan daun atau biji adas untuk keperluan memasak. Namun, biji adas dapat membantu memperlancar dan memperbanyak ASI.
 
Caranya, seduh dua sendok makan biji adas dalam satu gelas air panas.
 
Daun katuk
 
Sudah menjadi tradisi yang turun-temurun bahwa ibu menyusui yang banyak mengonsumsi daun katuk, ASI-nya akan berlimpah dan kental.
 
Daun katuk memiliki kandungan vitamin A, C, B1, zat besi, kalium, protein, fosfor, sterol, alkaloid, dan asam seskuiterna.
 
Ambil daun katuk segenggam, boleh direbus, lalu diminum air rebusannya. Bisa juga dimakan mentah dijadikan lalapan.
 
Daun mangkok
 
Salah satu penyebab tidak lancarnya ASI adalah terjadinya penyumbatan di saluran ASI. Daun mangkok dimemarkan, bisa ditambah parutan kunyit dan minyak kelapa, lalu ditempelkan secara menyeluruh di atas payudara. Lakukan sehari dua kali, sampai sembuh. 
 
Kacang kedelai
 
Kacang kedelai merupakan sumber protein yang baik tubuh. Konsumsi kacang kedelai yang mengandung phytoestrogen secara rutin pun dapat membantu ibu menyusui memiliki kelancaran dan berlimpah ASI yang diproduksi. Ibu dapat mengonsumsinya dengan cara direbus lalu dimakan atau juga diblender dan ditambahkan air dijadikan susu kedelai.
 
Pare
 
Sayuran ini memang sangat pahit rasanya. Tapi, ternyata pare memiliki khasiat yang sangat manjur untuk mengentalkan dan memperbanyak produksi ASI, sehingga bayi akan mudah kenyang.
 
Pare mengandung vitamin K, likopen, fitokimia lutein, dan antioksidan. Selain untuk kelancaran ASI, pare juga bagus untuk merangsang produksi insulin, menurunkan kadar gula di dalam darah, dan antikanker.
 
Blender pare mentah dengan air, diminum setiap pagi atau malam satu hari sekali. (ina)
(tty)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

 
BACA JUGA »

Lifestyle

Suami Wajib Lakukan Ini Hadapi Istri Menopause
Banyak pihak keluarga yang kesulitan bagaimana caranya menghadapi wanita yang sudah menopause. Terkadang bukan mendapat dukungan, namun yang diterima sebuah masalah.

 

Food

Sadis, Tiga Kontestan Junior MCI Dieliminasi Sekaligus!
Biasanya, dalam mengeliminasi kontestan ajang memasak hanya dilakukan ke satu orang saja. Tapi tidak di Junior MasterChef Indonesia, para jurinya pun langsung mengeliminasi tiga orang sekaligus.

Property

925 Hotel Baru Sesaki Benua Eropa Tahun Ini
Dikutip dari World Property Channel, Minggu (19/4/2014) pasokan hotel terbesar tahun ini ada di Inggris. Tercatat jumlah hotel di Inggris akan bertambah sebanyak 11.087 kamar.