Getting time...
OKEHEALTH | DETAIL HEALTH & FIT

Benarkah Kopi Persulit Kehamilan?

Gita Ramadian - Okezone
Kamis, 5 Juli 2012 16:53 wib
detail berita
Minum kopi (Foto: Corbis)
SEBUAH studi menemukan hal yang mengejutkan. Ternyata, meminum setidaknya lima cangkir kopi sehari dapat menurunkan kemungkinan hamil bagi wanita yang sedang mengupayakan program bayi tabung.
 
Kandungan kafein yang terdapat dalam kopi juga menurunkan angka keselamatan bayi pada proses bayi tabung atau In Vitro Fertilization(IVF) sebanyak 40 persen.
 
Peneliti asal Denmark yang melakukan studi ini juga mengatakan efek kebiasaan meminum lima cangkir kopi sehari sama buruknya dengan merokok, demikian seperti dilansir Health 24.
 
“Meski kami tidak terkejut bahwa konsumsi kopi berakibat buruk pada bayi tabung, kami kaget dengan efek buruk lainnya,” kata Dr. Ulrik Schioler Kesmodel dari klinik kesuburan di Aarhus University Hospital, Denmark. Hasil penelitian ini telah diterbitkan dalam European Society of Human Reproduction and Embryology.
 
Proses penelitian
 
Penelitian baru-baru ini menemukan, hubungan antara konsumsi kopi dan tingkat kesuksesan bayi tabung. Namun, tidak membuktikan penyebab dan efek yang menghubungkanya.
 
Penelitian mengenai kopi dan kesuburan telah memberi hasil yang tidak konsisten. Para peneliti melakukan studi pada 4.000 wanita yang sedang mengikuti program bayi tabung. Informasi bagaimana kebiasaan wanita ini dalam meminum kopi telah dikumpulkan sejak awal perawatan.
 
Setelah menghitung berbagai faktor yang menyebabkan wanita sulit hamil, di antaranya usia, kebiasaan merokok, konsumsi alkohol, faktor ketidaksuburan, dan indeks masa tubuh, studi menunjukkan bahwa kemungkinan hamil menurun sebanyak 50 persen pada wanita yang diketahui meminum lima cangkir kopi atau lebih, selama masa perawatan.
 
“Hanya ada sedikit bukti dari efek buruk kopi dalam literatur, jadi kami tidak bermaksud untuk membuat pasien yang sedang dalam program bayi tabung merasa resah,” kata Kesmodel.
 
“Namun, hal ini beralasan. Berdasarkan penemuan dan bukti yang kami miliki bahwa wanita yang sedang dalam proses bayi tabung sebaiknya tidak meminum lebih dari lima cangkir kopi sehari,” tutupnya. (ina)
(tty)

Beri komentar

 

Lifestyle

Begini Saja Wanita Langsung Orgasme
Mendapatkan orgasme Miss V sesungguhnya bukanlah mimpi. Hal ini bisa dilakukan selama Anda menerapkan beberapa trik berikut ini.

Food

Pecel Madiun Kyat, Aroma Jeruknya Menggoda Banget!
Menyantap pecel biasanya dengan bumbu kacang. Ada yang berbeda dengan Pecel Madiun Kyat, karena bumbunya punya aroma jeruk yang kuat.

Property

1,4 Juta PNS Belum Punya Rumah
Masih banyak pegawai negeri sipil (PNS) di Indonesia yang belum memiliki rumah. Berdasarkan data Kemenpera, terdapat 4,7 juta PNS di seluruh Indonesia, dan 25 persen atau sekira 1,4 juta belum memiliki rumah.