Getting time...
OKEHEALTH | DETAIL HEALTH UPDATE

Ini Dia Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan

Restika Ayu Prasasty - Okezone
Jum'at, 8 Juni 2012 11:12 wib
detail berita
Cuka apel (Foto: Corbis)
SELAMA ini sebagian dari kita hanya mengenal buah Apel hanya sebagai jenis makanan pencuci mulut yang menyegarkan. Tidak hanya segar, cuka sari apel memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.
 
Dibuat dari apel masak segar yang difermentasikan dan melalui proses yang ketat sebelum menjadi produk akhir, cuka ini mengandung berbagai vitamin, beta karoten, pectin, dan berbagai mineral penting lainnya, seperti kalium, sodium, magnesium, kalsium, fosfor, klorin, sulfur, besi, dan fluor. Cuka sari apel dapat menyembuhkan segala sesuatu, dari cegukan sampai gejala flu biasa, seperti dilansir Reader’s Digest.
 
Mengatasi kelelahan karena olahraga

Olahraga dan stres menyebabkan meningkatkan asam laktat dalam tubuh dan menyebabkan kelelahan. Asam amino yang terkandung dalam cuka sari apel bekerja sebagai penangkal asam laktat. Terlebih lagi, cuka sari apel mengandung kalium dan enzim yang dapat meredakan perasaan lelah. Lain kali jika Anda merasa lelah, tambahkan satu atau dua sendok makan cuka sari apel dalam segelas air putih.
 
Gigi lebih putih

Berkumurlah dengan cuka sari apel di pagi hari. Cuka membantu membuang noda, memutihkan gigi, dan membunuh bakteri di mulut dan gusi. Kemudian, sikat gigi seperti biasa setelah Anda berkumur atau sikat gigi dengan soda kue sepekan sekali untuk memutihkan gigi dan menghilangkan noda. Anda juga dapat menggunakan garam sebagai alternatif odol. Jika gusi Anda mulai terasa lecet atau kasar, sikat gigi dengan garam setiap hari.
 
Masalah perut


Cuka sari apel dapat membantu mengatasi masalah diare secara alami yang disebabkan oleh bakteri karena bersifat antibiotik. Beberapa ahli obat tradisional berpendapat bahwa cuka sari apel mengandung pektin yang dapat membantu menenangkan kejang usus.
 
Cegukan

Minum satu sendok teh cuka sari apel apabila Anda cegukan. Rasa asam pada cuka aple dapat menghentikan cegukan.
 
Mencegah gangguan pencernaan

Tak perlu merasa perut sebah setelah makan besar. Kini, Anda dapat menikmati makanan tanpa sesal kemudian dengan campuran cuka apel. Campur satu sendok teh madu dan satu sendok teh cuka sari apel dengan segelas air hangat dan minum 30 menit sebelum Anda makan.
 
Kaki kram di malam hari

Campur dua sendok makan cuka sari apel dan sedikit madu ke segelas air dan minum untuk meredakan kram kaki.
 
Hidung tersumbat


Campur satu sendok teh cuka sari apel dalam segelas air dan minum untuk membantu mengurangi sinus.
 
Sakit tenggorokan


Jika Anda sakit tenggorokan, hilangkan kuman dalam tenggorokan dengan mencampur ¼ cangkir cuka sari apel dengan ¼ cangkir air hangat, dan kumur tiap jam.
(tty)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

 

Lifestyle

Begini Penampakan Wajah Pangeran George di Usia 18
Seorang ilustrator asal Hungaria, Nikolett, telah menciptakan tampilan Pangeran George saat dia beranjak dewasa. Bagaimana wajah Pangeran George saat berusia 18 tahun?

Food

Hindari Makanan Ini saat Mudik
Pulang ke kampung halaman atau dikenal dengan mudik sudah menjadi suatu tradisi sebelum lebaran tiba. Banyak yang harus Anda persiapkan jika melakukan perjalanan jauh terutama mempersiapkan bekal makanan.

Property

Daftar Kota yang Menjadi Sarang Miliarder di Dunia
Sebuah lembaga survei yang bernama WealthInsight and Spear mengeluarkan daftar 10 kota yang menjadi sarang bagi miliarder di dunia. Kota mana sajakah itu?