Getting time...
OKEHEALTH | DETAIL HEALTH & FIT

Sejuta Manfaat Oatmeal bagi Kesehatan

Gustia Martha Putri - Okezone
Kamis, 7 Juni 2012 11:22 wib
detail berita
Oatmeal baik untuk kesehatan (Foto: Corbis)
ANDA mungkin sering melihat para pelaku diet sehat menyertakan oatmeal dalam menu sarapan mereka. Itu dikarenakan gandum memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.
 
Oatmeal merupakan salah satu dari sereal yang paling banyak disukai. Manfaat utama oatmeal dapat dibuat dalam beberapa menit. Jika Anda terburu-buru berangkat kerja, hanya microwave oatmeal dan sarapan sehat Anda sudah siap. Jika Anda membuat di atas kompor, gandum akan masak dalam waktu 10 menit.
 
Bila senang memiliki havermut, Anda akan mengetahui bahwa sereal ini menguntungkan tubuh dengan cara yang sehat. Berikut paparan manfaat kesehatan dari semangkuk oatmeal di setiap pagi, sebagaimana dilansir Boldsky.
 
- Menurut peneliti, serat larut (beta-glukan) dan avenanthramides (antioksidan) dalam oatmeal mengurangi kolesterol jahat (LDL). Sebagaimana diketahui, kolesterol jahat meningkatkan risiko serangan jantung atau penyumbatan. Dengan mengonsumsi oatmeal secara teratur, Anda mengurangi kemungkinan menyimpan kolesterol jahat dalam tubuh.
 
- Oatmeal dapat mengontrol kadar gula darah dan merupakan sarapan ideal untuk penderita diabetes. The American Diabetes Association merekomendasikan pasien diabetes untuk memiliki biji-bijian, terutama gandum untuk mengontrol kadar glukosa mereka.
 
- Tekanan darah dapat sangat dikontrol dengan mengonsumsi havermut secara teratur. Havermut pun dapat mengendalikan stres dan tekanan darah. Serat larut dalam satu porsi oatmeal lebih banyak bila dibandingkan dengan beras, gandum, atau jagung.
 
- Fitokimia, magnesium, dan serat larut berkemampuan melawan kanker. Senyawa-senyawa tersebut dapat melawan sifat asam pada empedu yang bermanfaat mengurangi racun dari tubuh.
 
- Salah satu manfaat kesehatan dari oatmeal ialah mudah dicerna. Hal ini dikarenakan adanya serat larut di dalamnya.
(tty)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

 
BACA JUGA »

Lifestyle

Lupita Nyong'o, Selebriti Paling Cantik
Majalah People mendapuk Lupita Nyong'o sebagai bintang atau wanita paling cantik sedunia. Tampaknya 2014 menjadi tahun Lupita, sebelumnya dia juga mendapatkan Piala Oscar.

Food

Nikmati Ragam Kuliner & Wine Berkualitas di Jejak Kuliner Australia
Warga Indonesia yang pernah berkunjung ke Australia memberi peringkat Australia sebagai tujuan nomor satu untuk pengalaman makanan dan anggur (wine). Ini didapat berdasarkan penelitian lembaga pariwisata Australia.

Property

REI: Akuisisi, Bisa Buat BTN Tak Fokus Urus Rumah Rakyat
"Saya harap BTN bisa tetep eksis, hanya BTN yang selama ini memberikan jumlah KPR paling banyak pada masyarakat Indonesia," katanya di Kadin, Jakarta, Rabu (23/4/2014).