Getting time...
OKEHEALTH | DETAIL HEALTH & FIT

Lima Camilan Terbaik di Meja Kerja

Gustia Martha Putri - Okezone
Rabu, 23 Mei 2012 16:45 wib
detail berita
Makan camilan (Foto: Corbis)
JANGAN sampai salah memilih camilan sebagai teman di sela kesibukan. Siapkan jenis-jenis kudapan ringan ini agar tetap aman bagi kesehatan.
 
Kejenuhan akibat setumpuk pekerjaan kerap menimbulkan rasa ingin mengudap suatu makanan ringan. Tapi, salah pilih camilan dapat membahayakan kesehatan.
 
Biskuit cokelat atau gorengan merupakan jenis makanan ringan favorit Anda di sela-sela kesibukan, meski Anda tahu mereka tak menyehatkan. Mau tahu camilan apa yang lebih sehat?
 
Berikut ini pilihan kudapan ringan yang sehat dan bermanfaat untuk mengisi perut di sela bekerja, seperti dilansir Realbuzz.
 
Roti gandum panggang isi selai alpukat
 
Ini merupakan sebuah rasa alternatif untuk sebuah roti panggang. Mungkin aneh bagi yang tidak terbiasa. Tapi, Anda mau tahu manfaatnya?
 
Alpukat merupakan salah satu buah yang masuk dalam kategori “makanan super”. Hal ini disebabkan kayanya kandungan vitamin E dan lemak tak jenuh tunggal. Beberapa manfaat lain vitamin E, di antaranya melawan radikal bebas, mengurangi penggumpalan darah di dalam pembuluh darah, dan memaksimalkan fungsi otot.
 
Alpukat juga merupakan sumber potasium yang baik dan sumber vitamin B6. Dua hal ini yang membantu proses synethesis serotonin, suatu proses yang mempromosikan suasana hati yang baik.
 
Lalu, kenapa roti gandum? Dengan mengonsumsi gandum, jantung Anda menjadi kuat dan mengurangi risiko terkena kolesterol jahat.
 
Di Indonesia, gandum memang bukan makanan utama. Tetapi, tidak ada salahnya jika memilih konsumsi gandum sejak sekarang karena kaya akan manfaatnya.
 
Roti gandum panggang isi selai alpukat dapat menjadi camilan lezat dan sehat, karena rendah indeks glikemiknya tetapi kaya serat. Anda pun kenyang lebih lama, tetapi tidak menaikkan gula darah.
 
Kacang almond dan aprikot kering
 
Setoples kacang almond dan aprikot kering sangat baik untuk dihadirkan di sudut meja kerja Anda. Makanan ini bisa menjadi "penolong" yang baik di sela padatnya pekerjaan.
 
Almond tinggi protein, serat, dan rendah GI yang merupakan sumber magnesium, serta kaya vitamin E (antioksidan). Sedangkan aprikot kering kaya akan karoten, yang dapat menurunkan risiko kanker tenggorokan dan paru-paru. Juga, mengandung potasium, zat besi, kalsium, silikon, fosfor, dan vitamin C.
 
Aprikot kering memiliki jauh lebih besar nilai gizi daripada buah aprikot yang masih segar karena kandungan gizi sangat terkonsentrasi. Aprikot kering memiliki 12 kali zat besi, serat tujuh kali lebih banyak, dan vitamin A lima kali lebih banyak daripada yang segar.
 
Yoghurt dan madu
 
Yogurt merupakan minuman lezat yang rendah lemak, tinggi kalsium, dan baik untuk usus. Sebuah penelitian terbaru menyebutkan, orang-orang yang mendapatkan kalsium dari yogurt senantiasa kehilangan beberapa bobotnya berlebih di sekitar area perut.
 
Pilihlah yogurt rendah lemak dengan rasa plain karena umumnya lebih banyak kandungan bakteri probiotiknya. Untuk penambah rasa, tambahkan madu alami.
 
Dalam penelitian menjelaskan bahwa madu terbukti meningkatkan tingkat darah dan memberikan antioksidan pelindung. Madu juga dapat menjadi tambahan makanan yang berguna bagi orang dengan kolesterol tinggi. Penelitian juga menyebutkan, dengan menggunakan madu sebagai pengganti gula atau pemanis buatan dapat menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida, serta meningkatkan HDL atau kolesterol baik.
 
Smoothies pisang, mangga, dan nanas
 
Smoothie merupakan minuman sehat yang benar-benar dapat mengenyangkan. Smoothie perpaduan pisang, mangga, dan nanas direkomendasikan karena ketiga buah tersebut merupakan sumber kuatbeta-karoten, asam folat, serat, vitamin B, C, dan E. Gunakan susu skim dalam pengolahannya untuk menambah protein dan kalsium.
 
Biskuit gandum selai kacang
 
Jika ingin camilan gurih, biskuit gandum selai kacang bisa dijadikan pilihan yang sehat. Biskuit gandum selai kacang merupakan kombinasi sempurna dari protein, karbohidrat, lemak, dan banyak serat.
 
Walaupun selai kacang tinggi lemak, tetapi lemak baik tak jenuh. Kacang juga merupakan sumber antioksidan vitamin E. Kacang pun kaya akan protein sehingga menjadi pilihan sangat baik bagi vegetarian.
(tty)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

 

Lifestyle

Moms, Begini Kenali Phedopelia yang Incar Anak-Anak

Phedopelia merupakan penjahat kelamin yang memangsa anak-anak di bawah umur. Anda sebagai orangtua harus berhati-hati dan mengenali tanda-tanda pelaku. Seperti apa?

Food

Jangan Taruh Bahan Makanan Ini di Microwave (2-Habis)
Selain berfungsi untuk memanaskan, microwave juga bisa dipakai untuk menyimpan makanan. Beberapa bahan makanan wajib diketahui supaya tidak salah dalam menggunakan microwave.

Property

Kuartal I, Penjualan Rumah Mewah Anjlok 50 Persen
Pergeseran pasar ini disikapi oleh pengembang dengan mulai membuat tipe-tipe rumah di segmen menengah dengan resizing luas.