Getting time...
OKEHEALTH | DETAIL SEXUAL HEALTH

Cara Tepat Kurangi Kebiasaan Masturbasi

Gustia Martha Putri - Okezone
Selasa, 24 April 2012 00:07 wib
detail berita
Pria di ranjang (Foto: Corbis)
MASTURBASI tidak berbahaya asal tidak dilakukan secara berlebihan. Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengurangi kebiasaan masturbasi.

Masturbasi adalah rangsangan pada area genital diri sendiri untuk menggapai kepuasan seks, biasanya dengan tujuan orgasme. Tak disangkal, masturbasi menjadi pengalaman seks pertama kebanyakan pria dan wanita.

Masturbasi umumnya dilakukan dengan menyentuh, mendorong, atau memijat Mr P atau klitoris hingga orgasme tercapai. Sebagian wanita juga melakukan rangsangan Miss V atau menggunakan sex toys, seperti vibrator.

Masturbasi juga merupakan cara yang baik melepaskan ketegangan seksual yang bisa terjadi kapanpun, terutama untuk mereka yang belum memiliki pasangan atau saat pasangan tak ingin bercinta.

Masturbasi juga alternatif seks aman untuk orang yang ingin terhindar dari kehamilan dan bahaya penyakit kelamin menular. Selain itu, masturbasi juga dibutuhkan saat pria harus memberikan sampel semen untuk tes kesuburan.

"Melakukan masturbasi sebagai jalan keluar darurat tidak apa-apa, asal sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan," tutur Dr. Ferryal Loetan, ASC&T, SpRM, MKes-MMR, dalam bukunya "Kamarsutera: Tanya Jawab Masalah Seks dan Keluarga".

Yang perlu dihindari bagi anak gadis bila melakukan masturbasi adalah memasukkan benda-benda ke dalam Miss V karena dapat menyebabkan kerusakan pada selaput dara sehingga baiknya dihindari.

Terdapat beberapa cara untuk mengurangi kebiasaan masturbasi. Tekhnik yang secara medis dapat dilakukan untuk menurunkan nafsu seks atau libido dengan pemberian obat-obatan sehingga tidak menggebu-gebu.

Agar lebih aman, Dr Ferryal membeberkan cara alami untuk mengurangi keinginan untuk bermasturbasi.

Perbanyak kegiatan positif

Tetapi yang terbaik adalah memperbanyak kegiatan sehari-hari, terutama kegiatan yang positif dan disukai sehingga betah berlama-lama.

Perbanyak olahraga

Jangan lupa perbanyak berolahraga agar energi yang berlebihan di badan dapat terbuang sehingga keinginan untuk seks itu dapat dikurangi.

Hindari hal-hal yang merangsang

Jauhkan diri Anda dari film-film seks, buku bacaan, dan gambar-gambar porno agar tak mudah membangkitkan keinginan untuk seks.

Perdalam keimanan dan agama

Keimanan dan ilmu-ilmu agama mampu menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. (tty)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

 
BACA JUGA »

Lifestyle

Arti Tato Norman Kamaru
Semenjak lepas dari jabatan kepolisian sebagai anggota Brigadir Mobil (Brimob), Norman Kamaru memberanikan diri menato lengan kanan kirinya.

Food

Mengenal Hidangan Mongolia
Tidak seperti Thailand dan Jepang, masakan Mongolia kurang populer. Padahal masakan Mongolia terbilang unik karena memadukan masakan China dan Rusia.