Getting time...
OKEHEALTH | DETAIL HEALTH & FIT

Lima Makanan untuk Kesehatan Payudara

Gustia Martha Putri - Okezone
Kamis, 19 April 2012 17:10 wib
detail berita
Sehat dengan brokoli (corbis)
PAYUDARA idaman tidak hanya montok dan kencang, tetapi juga sehat. Anda bisa merawat kesehatan payudara dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat.

Selain rajin menjaga keindahan bentuk payudara tetap indah dengan berolahraga dan pijat, Anda bisa juga mengonsumsi makanan-makanan sehat. Terdapat beberapa jenis makanan yang dapat memberikan manfaat kesehatan bagi payudara.

Berikut lima jenis makanan sehat yang kandungan nutrisinya bermanfaat bagi kesehatan payudara, sebagaimana dilansir Healthcastle.

Sayuran

Brokoli, kubis, kaylan, sawi, selada, letus, dan kembang kol adalah sayuran-sayuran yang masuk dalam kategori sayuran brassica.

Selain kaya serat, sayuran tersebut juga mengandung vitamin antioksidan, yakni A, C, dan E. Kandungan antioksidan di dalamnya protektif terhadap kanker.

Sayuran ini penuh dengan phytochemical atau disebut indoles dan sulforaphane yang membantu melawan kanker dengan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menetralisir racun potensial atau karsinogen.

Untuk meminimalisir banyaknya nutrisi yang hilang, gunakan metode memasak cepat seperti menumis atau menikmati sayuran mentah dengan saus. Jika Anda tidak suka makan mentah, rebus dengan cepat dalam air mendidih selama satu menit, lalu cepat-cepat angkat dan tiriskan.

Keluarga berri

Stroberi, blueberry, blackberry, atau ceri adalah beberapa dari keluarga buah-buahan beri. Buah-buahan tersebut kaya akan vitamin C dan serat, serta merupakan sumber besar dari fenol, antioksidan kuat yang membantu memberikan buah-buahan ini kaya akan nutrisi dan warna-warna cerah.

Banyak cara untuk mengudapnya. Anda bisa memakannya langsung atau menyajikannya di atas semangkuk salad buah. Bisa juga dijadikan yogurt atau smoothie.

Protein nabati

Jika Anda suka daging, cobalah ganti beberapa protein yang berasal dari nabati. Misalnya, kacang-kacangan seperti tahu, tempe, miso, atau edamame.

Kacang-kacangan adalah sumber gizi yang baik karena sarat dengan serat dan asam folat, serta penuh dengan antioksidan.

Jeruk

Buah yang banyak digemari ini berkemampuan membantu meningkatkan kesehatan payudara.

Kita semua tahu tentang reputasi jeruk sebagai sumber besar vitamin C, antioksidan yang terkenal dan membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Tetapi selain itu, seluruh jenis jeruk juga mengandung anticarcinogen kuat atau limonoid, senyawa yang membatasi dan mencegah pertumbuhan kanker.

Jika Anda makan jeruk secara utuh, Anda mendapatkan bonus tambahan serat, plus bisa menikmati aroma menyegarkan yang hadir saat mengupas kulitnya.

Ikan berminyak

Ada dua alasan utama ikan berminyak disebut-sebut dapat membantu meningkatkan kesehatan payudara yang baik. Ikan berminyak tinggi asam lemak omega-3 dan banyak mengandung vitamin D.

Asam lemak omega-3 dari ikan berminyak, seperti salmon, makarel, sarden, dan tuna memiliki efek antiangiogenic kuat. Ikan berminyak menghindarkan pertumbuhan tumor pada pembuluh darah, sedangkan kadar vitamin D mengurangi risiko kanker payudara. Vitamin D dapat menekan kehadiran hormon reseptor kanker, yakni reseptor estrogen dan progesteron.
(tty)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

 
BACA JUGA »

Lifestyle

Lupita Nyong'o, Selebriti Paling Cantik
Majalah People mendapuk Lupita Nyong'o sebagai bintang atau wanita paling cantik sedunia. Tampaknya 2014 menjadi tahun Lupita, sebelumnya dia juga mendapatkan Piala Oscar.

Food

Nikmati Ragam Kuliner & Wine Berkualitas di Jejak Kuliner Australia
Warga Indonesia yang pernah berkunjung ke Australia memberi peringkat Australia sebagai tujuan nomor satu untuk pengalaman makanan dan anggur (wine). Ini didapat berdasarkan penelitian lembaga pariwisata Australia.

Property

REI: Akuisisi, Bisa Buat BTN Tak Fokus Urus Rumah Rakyat
"Saya harap BTN bisa tetep eksis, hanya BTN yang selama ini memberikan jumlah KPR paling banyak pada masyarakat Indonesia," katanya di Kadin, Jakarta, Rabu (23/4/2014).