Getting time...
OKEHEALTH | DETAIL HEALTH UPDATE

Lelah, Tubuh Bisa Alami Biru Lebam

Gustia Martha Putri - Okezone
Rabu, 18 April 2012 12:50 wib
detail berita
Biru lebam (Foto: Corbis)
PERNAHKAH Anda menemukan ada biru lebam pada bagian tubuh yang timbul tanpa sebab? Jika ya, jangan lagi menganggap hal itu sepele dan bukan karena dicubit setan seperti mitos yang beredar.  
Biru lebam tanpa sebab, biasanya muncul di permukaan kulit kaki disebabkan perdarahan dalam. Sebaiknya, periksakan hal tersebut ke dokter.
 
"Kalau ada biru, minta tolong dokter agar diperiksa karena itu tidak normal. Normal itu, ya tidak ada biru, tidak ada lebam. Kalau ada biru, harus diperiksa agar dicari penyebabnya," tutur Prof. dr. DR. Moeslichan Mz, SpA(K), pengarah Yayasan Pemerhati Hemofilia Indonesia di Conference Room MRCCC Siloam Semanggi, Jakarta, Selasa (17/4/2012).
 
Ada beberapa penyebab terjadinya biru lebam yang muncul di permukaan kulit. Prof. Moeslich mengatakan, bahwa ungkapan dicubit setan itu adalah mitos.
 
"Itu mitos sekali. Ada penyebabnya. Dokter spesialis darah bisa memeriksa ada apa sebenarnya. Apakah pembuluhnya yang rapuh, trombositnya kurang, atau ada faktor pembekuannya yang kurang," jelasnya.
 
Faktor kelelahan adalah salah satu alasan penyebab biru lebam tanpa sebab itu muncul.
 
"Karena kecapekan itu juga bisa jadi. Gara-gara capek, itu bisa juga ada sel-sel yang menjadi berkurang dan akhirnya timbul biru lebam. Atau karena livernya enggak bagus. Karena faktor pembekuan dibikin oleh liver," tandasnya.
(tty)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

 
BACA JUGA »

Food

Karena Pacar, Alex Rudiart "X-Factor" Demen Kolak
Panganan khas Ramadhan yakni kolak jadi makanan favorit jebolan “X-Factor” Alex Rudiart semenjak Novita Dewi pacarnya sering bikin kolak.

Property

Gagal Merdeka, Waktu Tepat Beli Properti di Skotlandia
Hasil referendum Skotlandia yang menyebutkan rakyat Skotlandia kembali ke Inggris ternyata berdampak positif pasar properti negara ini.