Getting time...
OKEHEALTH | DETAIL HEALTH & FIT

Antisipasi Serangan Jantung? Kenali Gejala-gejalanya

Gustia Martha Putri - Okezone
Minggu, 15 April 2012 11:43 wib
detail berita
Waspada serangan jantung! (foto: gfxindia)
SERANGAN jantung dapat menyerang tanpa kenal waktu. Antisipasi serangannya sebelum penyakit mematikan tersebut membahayakan nyawa Anda.

Bagi Anda penderita sakit jantung, mengetahui gejala serangan jantung adalah hal wajib untuk diketahui. Hal ini diperlukan guna mengantisipasi tindakan apa yang semestinya dilakukan.

Dalam dunia medis, serangan jantung dikenal sebagai infark jantung dimana merupakan jenis serangan jantung yang sangat serius. Ada banyak penyebab yang mengakibatkan serangan jantung tersebut datang secara tiba-tiba.

Prinsip umumnya, serangan jantung yang mampir dikarenakan penumpukan makanan tak sehat di tubuh. Perlu diketahui bahwa kematian serangan jantung sangat erat hubungannya dengan konsumsi makanan yang sarat lemak dan gula.

Selebihnya, kenali gejala-gejalanya berikut ini seperti dikemukakan Dr John F Knight dalam bukunya yang berjudul "Family Medical care":

- Rasa tertekan yang berkepanjangan atau rasa tidak enak yang tidak biasa di dada bagian tengah, di balik tulang dada.

- Rasa nyeri bisa menyebar ke bahu, lengan, leher atau rahang.

- Seringkali rasa nyeri itu disertai dengan berkeringat.

- Mual, muntah-muntah dan sesak napas bisa terjadi.

- Kadang-kadang gejala-gejala akan mereda tapi kemudian timbul lagi.

- Jangan sepelekan nyeri dada yang tidak hilang setelah 15 atau 20 menit berisitirahat karena hal tersebut bisa jadi pertanda serangan jantung. (ind) (tty)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

 
BACA JUGA »

Lifestyle

Intip Cara Ariel Tampil Maksimal
Di setiap aksi panggungnya, para personel Noah selalu menghadirkan yang terbaik. Tak heran jika band yang digawangi oleh Ariel, Uki, Lukman, David dan Reza itu selalu dipuja banyak kalangan.

Food

Nikmati Ragam Kuliner & Wine Berkualitas di Jejak Kuliner Australia
Warga Indonesia yang pernah berkunjung ke Australia memberi peringkat Australia sebagai tujuan nomor satu untuk pengalaman makanan dan anggur (wine). Ini didapat berdasarkan penelitian lembaga pariwisata Australia.

Property

REI: Akuisisi, Bisa Buat BTN Tak Fokus Urus Rumah Rakyat
"Saya harap BTN bisa tetep eksis, hanya BTN yang selama ini memberikan jumlah KPR paling banyak pada masyarakat Indonesia," katanya di Kadin, Jakarta, Rabu (23/4/2014).