Getting time...
OKEHEALTH | DETAIL FAMILY HEALTH

Kenapa Wanita Ngidam?

Gustia Martha Putri - Okezone
Kamis, 12 April 2012 11:39 wib
detail berita
Bumil mesra dengan pasangan (Foto: Corbis)
KETIKA ngidam, seorang ibu hamil (bumil) kadang membuat orang-orang di sekitarnya terheran-heran. Ternyata, ada alasan tertentu bumil ngidam yang aneh-aneh.
 
Ingin konsumsi makanan yang tak biasa atau ingin melakukan suatu hal yang kurang lazim adalah beberapa kejadian wajar yang dialami bumil ketika ngidam. Misalnya, ingin makan duren di tengah malam, ingin mengelus kepala yang botak, atau selalu ingin konsumsi makanan asam. Semua dianggap wajar jika bumil sedang ngidam. Apakah Anda merasakan hal yang sama?
 
Jangan heran, itu normal, wajar, dan beralasan. Ngidam atau dalam bahasa medis disebut pica, terbagi atas dua macam. Ngidam secara fisik maupun psikologis. Demikian yang dituturkan Dr Handrawan Nadesul, konsultan sekaligus penulis buku kesehatan saat dihubungi okezone melalui telepon genggamnya, Rabu (11/4/2012).
 
Ngidam secara fisik mencerminkan tubuh membutuhkan asupan nutrisi tertentu. Karena itu, ibu hamil berkewajiban memenuhi secara sempurna zat gizi yang dibutuhkan tubuh.
 
"Secara naluriah tubuh akan mencari zat-zat yang dibutuhkan. Kalau kurang kalsium misalnya, otomatis gigi ibu akan menjadi keropos karena terdapat kapur untuk memenuhi kebutuhan kalsium," jelasnya.
 
"Ada juga ngidam yang terlihat aneh. Misalnya, ada ibu yang ngidam jadi suka makan tanah, hal itu terjadi secara naluriah dari tubuhnya. Karena dalam tanah mengandung banyak mineral, zat besi dan magnesium. Zat-zat yang banyak dibutuhkan seorang ibu hamil. Hal ini banyak terjadi di Afrika yang daerahnya gersang, kurang pasokan air," paparnya.
 
Berbeda cerita dengan ngidam secara psikologis.
 
"Ngidam piskologis itu maunya aneh, senangnya merepotkan. Lagi enggak musim duren, maunya makan duren, malam-malam lagi. Ibu hamil akan merasa seneng dan puas jika melihat suaminya bersusah payah memenuhinya. Ini biasanya karena ingin lebih banyak diperhatikan. Bisa jadi karena sebelumnya merasa kurang diperhatikan suami," ungkapnya.
 
Sedangkan suami yang ikut-ikutan ngidam, dikatakan Handrawan lebih karena kesensitifan terhadap sebuah mitos.
 
"Kalau suami yang ngidam itu karena suami menjadi sensitif. Kan ada mitos yang bilang kalau ingin sesuatu tapi tidak terpenuhi, maka nanti sang anak lahir akan terus- menerus ngeces. Padahal tidak sama sekali," tandasnya.
(tty)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

 
BACA JUGA »

Lifestyle

Gelas Sampanye Ini Berbentuk Payudara Kiri Kate Moss

Sebuah merek sampanye, yang sangat menggemari supermodel Kate Moss, telah berkolaborasi dengan perajin gelas. Mereka membuat gelas berbentuk payudara kiri Kate Moss. 

Food

Rahasia Masak dengan Bawang Putih ala Korea
Banyak masakan Korea menggunakan bawang putih. Untuk memermudah pengupasan bawang putih, biasanya warga Korea merendamnya terlebih dahulu di air panas.

Property

Memprediksi Pasar Properti pada Pemerintahan Baru
Hasil resmi dari Mahkamah Konstitusi tentang gugatan pemilu yang dilayangkan oleh pasangan Prabowo-Hatta akan diputuskan hari ini oleh Mahkamah Konstitusi. Dengan hasil tersebut, tentu diharapkan pemerintahan Indonesia akan lebih jelas ke depannya.