Getting time...
OKEHEALTH | DETAIL HEALTH UPDATE

RSPAD Buka Klinik Bayi Tabung Harga Ekonomis

Gustia Martha Putri - Okezone
Kamis, 5 April 2012 17:58 wib
detail berita
Bahagia miliki anak (Foto: Corbis)
HARI ini, Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat-Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, meresmikan pembukaan Klinik Fertilitas Bayi Tabung. Dibandingkan dengan klinik lainnya di Indonesia, RSPAD memberlakukan tarif ekonomis.
 
Jika pada umumnya klinik fertilitas bayi tabung di Indonesia mulai Rp40 juta hingga Rp70 juta, di rumah sakit milik negara ini menawarkan harga yang jauh lebih terjangkau. Kendati demikian, kualitas, prosedural dan kemungkinan keberhasilannya diklaim sama dengan klinik lainnya.
 
"Langkah-langkahnya sama, perlengkapan dan peralatan sama, juga kualitasnya sama. Tingkat keberhasilan juga sama. Yang membedakan di sini menerapkan biaya yang terjangkau dalam satu paket bayi tabung. Mulai dari pengambilan sel telur dan sperma sampai embrio dimasukkan ke rahim," papar dr Gunawan Dwi Prayitno SpOG, Kepala Divisi Endokrinologi Reproduksi Departemen Obgyn RSPAD-Gatot Soebroto, Jakarta, saat ditemui okezone usai peresmian Klinik Fertilitas Bayi Tabung RSPAD, Kamis (5/4/2012).
 
Tidak ingin menjelaskan berapa tepatnya harga nominal yang ada, konsultan fertility ini hanya menggambarkan bahwa harga program bayi tabung yang ada di RSPAD-Gatot Soebroto ini sama dengan harga operasi caesar di rumah sakit swasta dengan pelayanan kelas satu.
 
Sebelumnya, RSPAD hanya memiliki pelayanan inseminasi dan tindakan konservatif dalam penanganan infertilitas. Tapi kini, Gunawan menjelaskan, bahwa RSPAD telah memiliki sarana dan prasarana program bayi tabung dengan kelengkapan 100 persen.
 
"Alat, 100 persen sudah semua. Yang belum lengkap quality control karena harus dicek dalam satu bulan ke depan, mulai Jumat (6/3) besok. Hal ini untuk mengecek sterilitas, kondisi udara, suhu, dan kelembapan," ungkapnya.
 
Adapun beberapa faktor yang membuat program bayi tabung di klinik fertilitas RSPAD ini memiliki harga terjangkau karena RSPAD merupakan rumah sakit miliki negera, serta jasa dokternya lebih rasional.
 
Klinik fertilitas bayi tabung RSPAD ini terdapat di Gedung Satrio lantai 3, RSPAD-Gatot Subroto, Jalan Abdul Rahman Saleh No. 24, Jakarta Pusat. Klinik buka pada Senin hingga Jumat, mulai 07.00 WIB-15.00 WIB. Sedangkan Sabtu dan Minggu, klinik hanya buka untuk melakukan tindakan medis saja.
 
"Jadi, Sabtu dan Minggu tidak bisa untuk konsultasi, tidak bisa USG, hanya tindakan saja, seperti inseminasi, atau bayi tabung tersebut," tandasnya.
(tty)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

 

Food

Parade Jajanan Nusantara Pecahkan Rekor Muri
Acara Parade Jajanan Nusantara berhasil memecahkan ekor MURI. Pasalnya, acara tersebut diikuti 164 tenant baik itu kuliner tradisional dan modern.

Property

Mengejutkan, Total Luas Mal di Jakarta 9x Luas Kota Vatikan!
Menurut riset yang dilakukan portal properti Lamudi.com, jumlah mal di Ibu kota Indonesia ini mencapai 170 mal, dengan lebih dari 490 outlet, dan 25 juta pengunjung per bulan.