Getting time...
OKEHEALTH | DETAIL HEALTH & FIT

Mata Kuning, Pertanda Sakit Hati

SINDO
Kamis, 29 Maret 2012 09:59 wib
detail berita
Wanita sedang tidak enak badan (Foto: Gettyimages)
JIKA kulit dan putih mata Anda tiba-tiba berwarna kuning, sebaiknya Anda mulai waspada. Bisa jadi Anda menderita hepatitis A, B, atau C .
 
Hati atau liver adalah organ kelenjar terbesar dalam tubuh manusia.Pada orang dewasa,beratnya mencapai 1,3 kilogram. Letaknya di bagian kanan tubuh,tepat di bawah diafragma.Hati memiliki dua bagian besar,yang disebut lobus kanan dan kiri.Kandung empedu (gallbladder) terletak di bawah hati,bersama dengan bagian-bagian dari pankreas dan usus.
 
Hati dan organ-organ ini bekerja sama untuk mencerna,menyerap,dan mengolah makanan.Pekerjaan utama hati adalah untuk menyaring darah yang berasal dari saluran pencernaan, sebelum melewati seluruh tubuh.Hati juga mendetoksifikasi bahan kimia dan hasil metabolisme obat-obatan dalam tubuh. Selama proses ini,hati mengeluarkan empedu yang merupakan cairan hasil pembakaran sel-sel darah yang sudah tua atau mati.
 
Cairan empedu yang masih bermanfaat akan dipergunakan lagi oleh tubuh untuk pembentukan sel darah baru.Semnetara yang sudah tidak terpakai lagi,akan dibuang melalui ginjal dan usus halus.Hati juga membuat protein penting bagi pembekuan darah dan fungsi-fungsi lainnya,seperti menyimpan vitamin dan mineral (vitamin A,D,K,dan B12), mempertahankan kadar glukosa dalam darah,dan memproduksi 80% kolesterol dalam tubuh.
 
Salah satu gejala yang paling umum bila hati mengalami gangguan adalah penyakit kuning atau ikterik.kulit dan putih mata penderita menjadi kuning karena meningkatnya bilirubin dalam plasma darah.Bilirubin adalah produk utama dari penguraian sel darah merah yang tua dan disaring dari darah oleh hati, lalu dikeluarkan pada cairan empedu.
 
”Jika hati mengalami gangguan fungsi atau rusak, maka bilirubin total akan meningkat dan mengakibatkan kuning,yang jadi pertanda terkena hepatitis A,B,atau C.Namun,yang paling banyak adalah hepatitis A,”kata Dr dr Unggul Budihusodo SpPD KGEH,Ketua Perhimpunan Peneliti Hati Indonesia (PPHI) saat simposium “Pendekatan Pasien dengan Ikterik dan Berbagai Penyakit yang Menyertainya”di Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI),Jakarta.
 
Hepatitis A merupakan penyakit hati akut yang disebabkan oleh virus hepatitis A yang ditransmisikan melalui air atau makanan yang terkontaminasi virus.Sementara hepatitis B disebabkan oleh virus hepatitis B (HBV) yang ditransmisikan melalui kontak dengan darah atau cairan tubuh si penderita.Hepatitis C diakibatkan virus hepatitis C (VHC) yang penularannya melalui kontak darah,seperti transfusi, jarum suntik terkontaminasi,atau gigitan serangga.
 
Unggul menuturkan,penyakit kuning juga menjadi pertanda bagi penderita penyakit hati kronis,yaitu sirosis yang telah mengalami gagal hati.Biasanya disertai juga dengan gejala bengkakbengkak.” Pada tahap ini,pasien memerlukan perawatan lebih lanjut di rumah sakit.Namun,ada juga pasien sirosis yang tidak membutuhkan perawatan,” tandasnya.
 
Penyakit lain yang juga mengakibatkan kulit dan putih mata menjadi kuning adalah tersumbatnya saluran empedu oleh batu.Bisa juga tersumbat karena terjepit oleh tumor pada pankreas. Kuning yang terlihat umumnya lebih pekat,gelap,dan bakal bertahan lama, sehingga penyakitnya akan lebih sukar disembuhkan.
 
Selain penyakit kuning,banyak orang tidak menyadari gejala-gejala penyakit hati karena beberapa gejala tidak tampak seperti penyakit serius.Di antaranya badan terasa lelah dan lemas,mual dan muntah,kehilangan nafsu makan,serta demam yang sering kali dianggap sebagai gangguan masuk angin.
 
Orang baru menganggap serius jika mengalami muntah darah,pembengkakan dan nyeri pada abdomen (perut),kulit mudah memar,dan mengalami pendarahan (gusi berdarah atau pendarahan hidung), serta gangguan mental.Bahkan, dokter spesialis penyakit dalam dari RSPI, Dr dr Rino A Gani SpPD KGEH FINASIM menuturkan,jika sudah mencapai kanker hati atau hepatoma,biasanya diawali dengan gejala yang sederhana.
 
Misalnya sakit di bagian perut,mengalami penurunan berat badan,dan jika diraba,bagian atas kanan perut akan terasa ada benjolan.”Mereka yang terinfeksi virus hepatitis B atau C rentan terkena hepatoma,”ujarnya.Kanker hati saat ini merupakan kanker kelima yang paling umum diderita oleh pria dan kanker ketujuh yang diderita oleh wanita.
(tty)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

 
BACA JUGA »

Lifestyle

Tora Sudiro Tidak Cuci Celana Jins Tiga Bulan
Untuk mendapatkan celana jins yang baik, kita harus tidak mencucinya dalam jangka waktu tertentu. Hal ini pun turut dilakukan Tora Sudiro yang tidak menyuci celana jinsnya selama tiga bulan

Food

Marissa Nasution Tak Bisa Lepas dari Kopi
Kebiasaan minum kopi setiap hari banyak dilakukan semua orang. Salah satunya dilakukan  presenter cantik Marissa Nasution.

Property

Daftar Bahan Bangunan yang Naik Harga per Juli
Badan Pusat Statistik (BPS) mengeluarkan daftar barang bangunan yang mengalami kenaikan pada periode Juni-Juli 2014. Terdapat 27 kelompok bahan bangunan yang disurvei. Apa sajakah?