Getting time...
OKEHEALTH | DETAIL HEALTH UPDATE

Tanda-Tanda Seseorang Terserang Tomcat

Gustia Martha Putri - Okezone
Selasa, 20 Maret 2012 15:23 wib
detail berita
Tomcat (Foto: Wikipedia)
MEREBAKNYA serangan tomcat disebabkan hilangnya habitat hewan tersebut akibat pengaruh cuaca dan lingkungan yang tidak bersih. Adapun gejalanya memiliki perbedaan dibandingkan serangan serangga lain.
 
Gejala terserang tomcat adalah gatal-gatal, terasa panas, dan langsung memerah jika digaruk. Hasilnya membuat kulit mengalami iritasi dan melepuh seperti terkena penyakit herpes.
 
"Patut dicurigai terserang tomcat jika terasa digigit serangga, gatal, lalu digaruk terasa panas dan memerah. Kalau serangga biasa, digigit berasa gatal, gatalnya segera hilang. Kalau ini justru panas dan memerah," jelas Ir Alexandre S Siahaya MT, Kepala Bidang Pertanian dan Kehutanan Dinas pertanian Kota Surabayan saat dihubungi okezone melalui telepon selulernya, Selasa (20/1/2012).
 
Alex memastikan, bahwa serangan tomcat ini tak menyebabkan kematian. "Tidak akan menyebabkan kematian. Biasanya dua hingga tiga hari jika diobati akan sembuh," tegasnya.
 
Aslinya, tomcat hidup di lahan pertanian seperti ladang padi dan jagung. Keseimbangan alam yang disebut-sebut cuaca ekstrem membuat serangga ini kehilangan habitatnya.
 
Oleh karenanya, serangga yang memiliki siklus hidup selama 91 hingga 103 hari ini mencari tempat baru untuk bertahan hidup. Tomcat mencari tempat-tempat yang lembap dan terang menyerupai habitat aslinya.
(tty)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

 
BACA JUGA »

Lifestyle

Intip Cara Ariel Tampil Maksimal
Di setiap aksi panggungnya, para personel Noah selalu menghadirkan yang terbaik. Tak heran jika band yang digawangi oleh Ariel, Uki, Lukman, David dan Reza itu selalu dipuja banyak kalangan.

Food

Buah Terbaik untuk Sarapan Pagi
Sarapan adalah makan yang paling penting dilakukan setiap hari. Cara makannya pun harus teratur, termasuk di dalamnya terdapat asupan buah.

Property

REI: Akuisisi, Bisa Buat BTN Tak Fokus Urus Rumah Rakyat
"Saya harap BTN bisa tetep eksis, hanya BTN yang selama ini memberikan jumlah KPR paling banyak pada masyarakat Indonesia," katanya di Kadin, Jakarta, Rabu (23/4/2014).