Getting time...
OKEHEALTH | DETAIL HEALTH & FIT

Yuk, Kenali Fungsi-Fungsi Ginjal

Gustia Martha Putri - Okezone
Rabu, 7 Maret 2012 10:59 wib
detail berita
ilustrasi minum air putih (foto: Getty Images)
GINJAL memiliki peranan penting dalam sistem metabolisme tubuh manusia. Selain menjadi organ penyaring racun dan zat-zat sisa dalam darah, ginjal juga berfungsi dalam menjaga keseimbangan volume dan komposisi cairan tubuh, mengatur keseimbangan asam-basa, konsentrasi elektrolit, dan pengaturan tekanan darah.

Karena begitu banyak memiliki fungsi, kesehatan ginjal harus dijaga dengan baik. Bahayanya, ketika ginjal mengalami penurunan fungsional, maka dia tidak akan kembali sehat seutuhnya kembali.

Agar semua dapat lebih menjaga kesehatan ginjal, berikut paparan fungsi-fungsi ginjal pada tubuh manusia, sebagaimana dikemukakan dalam acara konferensi pers bertajuk "Hari Ginjal Sedunia: Sayangi Ginjal Anda, Minumlah Air Putih yang Cukup!" di Hotel Akmani, Jakarta Pusat, Selasa (6/3/2012).

1. Penyaring racun dan zat-zat sisa dalam darah
Secara alami, manusia memiliki sepasang ginjal yang kedua-duanya berfungsi sama. Organ tubuh manusia yang berbentuk seperti biji kacang ini memiliki peranan penting dalam sistem metabolik tubuh manusia. Selain menjadi organ penyaring racun dan zat-zat sisa dalam darah, ginjal juga berfungsi dalam menjaga keseimbangan volume dan komposisi cairan tubuh.

2. Membersihkan racun dan mengeluarkan limbah dari darah
Organ yang terletak pada masing-masing sisi tulang belakang dengan ukuran sebesar 12 cm dengan berat 180 gram ini pun merupakan filter yang sangat baik, fungsi utamanya adalah untuk membersihkan racun dan mengeluarkan limbah dari darah.

3.Mempertahanakan volume dan komposisi cairan tubuh (konsentrasi elektrolit)
Tidak hanya itu saja ginjal juga berfungsi untuk mempertahankan volume dan komposisi cairan tubuh, serta untuk mengeluarkan hormon yang membantu produksi sel darah merah. Oleh karena itu, ginjal memainkan peran utama dalam mengatur tekanan darah dan menyeimbangkan elektrolit penting yang menyeimbangkan elektrolit penting yang menjaga ritme jantung.

4. Menyeimbangkan sirkulasi darah dalam tubuh
Selain berfungsi untuk menyaring dan membuang zat-zat yang tidak diperlukan dan mempertahankan kandungan nutrisi dan mineral yang diperlukan tubuh, ginjal juga berperan dalam keseimbangan sirkulasi darah dalam tubuh, yakni mengatur tekanan darah, memproduksi sel darah merah.

5. Memfilter darah
Setiap hari, ginjal memfilter 180 liter darah. Ginjal menerima 100-120 mililiter darah per menit di mana jumlah ini sangat besar dibandingkan dengan ukurannya yang kecil. Hal tersebut berarti setiap harinya ginjal memfilter darah sebanyak 50 kali dalam sehari.

6. Mengatur keseimbangan asam - basa
Ginjal memiliki kemampuan untuk mengatur jumlah asam atau basa yang dibuang, yang biasanya berlangsung selama beberapa hari.

Banyak sekali bukan fungsi ginjal dalam tubuh, oleh karenanya sayangilah kesehatan ginjal yang kita miliki. Pasalnya, ketika ginjal yang kita miliki mengalami penurunan fungsional atau dalam kata lain mengalami kerusakan. Maka sejak saat itu ginjal yang kita miliki tak akan pernah kembali normal dan sehat seperti sedia kala. (uky)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait :

Facebook Comment List

 

Lifestyle

Ciuman Mampu Tentukan Usia Cinta Anda
Penelitian dari Oxford University menunjukkan bahwa berciuman pada kencan pertama dapat menentukan usia cinta yang panjang.

Food

Kopi Kucing yang Menggemaskan
Mempunyai bakat yang unik, seorang barista membuat hiasan kucing dan hamster pada busa kopi. Siapakah dia?

Property

69 Tahun Merdeka, Berikut Kondisi Properti RI Sekarang
Industri properti Indonesia saat ini memang tengah berkembang. Gedung perkantoran dimana-mana, apartemen kian menjamur dan perumahan pun kian banyak. Tahun ini, tepatnya pada tanggal 17 Agustus lalu, Indonesia memperingati 69 tahun kemerdekaannya.