Getting time...
OKEHEALTH | DETAIL HEALTH UPDATE

Obat Mahal, Penyebab Tingginya Biaya RS

Iwan Supriyatna - Okezone
Rabu, 7 Maret 2012 14:40 wib
detail berita
Minum obat (Foto: Corbis)
BIAYA kesehatan (obat-obatan) meningkat 10 persen dan 43 persen sejak 2011 untuk obat yang mengandung parasetamol. Hal tersebut berimbas pada tingginya biaya rumah sakit.
 
Dari situs Perhimpunan Rumah Sakit Indonesia (PERSI) menyatakan, bahwa biaya pengobatan di rumah sakit swasta bisa mencapai 500 persen lebih mahal dibanding dengan rumah sakit pemerintah.
 
“Meningkat biaya kesehatan juga dipicu oleh ketidakseimbangan rasio jumlah kamar tidur rumah sakit dan masyarakat yang perlu terlayani,” tutur Chief Marketing Officer Asuransi Cigna Theodoris Wiryawan, di Jakarta, Selasa (6/3/2012).
 
Menurutnya, hingga akhir 2010, terdapat kurang lebih 1.523 rumah sakit baik milik pemerintah dan swasta, dengan perkiraan 210.000 tempat tidur untuk rawat inap yang akan digunakan melayani sekira 230 juta penduduk di Indonesia.
 
“Perbandingannya adalah sebesar satu tempat tidur banding 1.095 orang, sedangkan rasio ideal sebagaimana dilansir oleh Kementerian Kesehatan RI adalah satu tempat tidur banding 500 orang,” terangnya.
(tty)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

 

Lifestyle

Bersolek, Istri Ahok Cuma Butuh 15 Menit
Sebagian besar perempuan menghabiskan waktu berjam-jam di depan cermin dan menyulap wajahnya menjadi cantik. Bagi istri Wakil Gubernur DKI Jakarta, Veronica Basuki Tjahaja Purnama, cukup membutuhkan waktu 15 menit untuk tampil cantik.

Food

Zidan Senang Eksperimen Makanan
Setelah selesai mengikuti ajang kompetisi Junior MasterChef Indonesia 2014, popularitas Zidan semakin melambung tinggi. Dia pun mengaku senang eksperimen makanan.

Property

Perbedaan Investasi Properti di Australia dengan Indonesia
Australia adalah salah satu benua yang terdekat dengan Indonesia. Dengan kedekatan geografis ini tidak ada salahnya menjadikan Australia sebagai salah satu destinasi investasi properi Anda.