Getting time...
OKEHEALTH | DETAIL HEALTH UPDATE

Obat Mahal, Penyebab Tingginya Biaya RS

Iwan Supriyatna - Okezone
Rabu, 7 Maret 2012 14:40 wib
detail berita
Minum obat (Foto: Corbis)
BIAYA kesehatan (obat-obatan) meningkat 10 persen dan 43 persen sejak 2011 untuk obat yang mengandung parasetamol. Hal tersebut berimbas pada tingginya biaya rumah sakit.
 
Dari situs Perhimpunan Rumah Sakit Indonesia (PERSI) menyatakan, bahwa biaya pengobatan di rumah sakit swasta bisa mencapai 500 persen lebih mahal dibanding dengan rumah sakit pemerintah.
 
“Meningkat biaya kesehatan juga dipicu oleh ketidakseimbangan rasio jumlah kamar tidur rumah sakit dan masyarakat yang perlu terlayani,” tutur Chief Marketing Officer Asuransi Cigna Theodoris Wiryawan, di Jakarta, Selasa (6/3/2012).
 
Menurutnya, hingga akhir 2010, terdapat kurang lebih 1.523 rumah sakit baik milik pemerintah dan swasta, dengan perkiraan 210.000 tempat tidur untuk rawat inap yang akan digunakan melayani sekira 230 juta penduduk di Indonesia.
 
“Perbandingannya adalah sebesar satu tempat tidur banding 1.095 orang, sedangkan rasio ideal sebagaimana dilansir oleh Kementerian Kesehatan RI adalah satu tempat tidur banding 500 orang,” terangnya.
(tty)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

 
BACA JUGA »

Food

Parade Jajanan Nusantara Pecahkan Rekor Muri
Acara Parade Jajanan Nusantara berhasil memecahkan ekor MURI. Pasalnya, acara tersebut diikuti 164 tenant baik itu kuliner tradisional dan modern.

Property

Mengejutkan, Total Luas Mal di Jakarta 9x Luas Kota Vatikan!
Menurut riset yang dilakukan portal properti Lamudi.com, jumlah mal di Ibu kota Indonesia ini mencapai 170 mal, dengan lebih dari 490 outlet, dan 25 juta pengunjung per bulan.