Getting time...
OKEHEALTH | DETAIL SEXUAL HEALTH

'Semua Alat Kontrasepsi Tak Bikin Gemuk'

Gustia Martha Putri - Okezone
Jum'at, 24 Februari 2012 14:28 wib
detail berita
Minum pil kontrasepsi (Foto: Google)
WANITA sering kali takut menggunakan alat kontrasepsi karena tubuh menjadi gemuk dan berjerawat. Padahal, pendapat itu adalah salah.

Ketua Ikatan Bidan Indonesia Dr Harni Koesno menjelaskan, bahwa sebenarnya semua alat kontrasepsi yang tersedia untuk masyarakat tidak membuat gemuk dan berjerawat karena dibuat sesuai keperluan tubuh.

"Tidak akan membuat gemuk dan berjerawat karena sebelumnya sudah melalui tahap uji coba terlebih dahulu. Uji coba yang dilakukan pun tidak sebentar, lama. Untuk pil dan induksi diujicoba selama 15 tahun. Semuanya diproduksi, komponennya berdasarkan keperluan tubuh," jelasnya saat dihubungi okezone melalui telepon seluler, Jumat (24/2/2012).

Adapun kegemukan yang terjadi setelah menggunakan alat kontrasepsi adalah faktor psikologis reseptor.

"Menjadi gemuk bisa karena faktor psikologis. Ketika seseorang sudah menggunakan alat kontrasepsi, misalnya sudah pasang spiral, dia akan merasa tidak takut hamil lagi. Tidak merasakan kekhawatiran, tidak merasakan kecemasan, sehingga semua yang dia jalani lebih dinikmati. Karenanya cenderung bisa menjadi gemuk," jelasnya. (tty)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

 

Lifestyle

Jangan Biarkan Kulit Dehidrasi Selama Puasa
Kekurangan air dan nutrisi bisa menjadi salah satu penyebab kulit kering dan kusam selama sedang menjalankan ibadah puasa. Untuk itu, kulit tetap harus mendapat perhatian.

Food

Zidan: Paling Susah Masak Rendang
Bukan suatu hal yang mudah untuk memasak makanan Indonesia. Hal ini dirasakan Zidan "Junior MasterChef" saat masak rendang.

Property

Cantiknya Markas Baru Platform SoundCloud di Berlin
Bagi Anda penggemar musik, pasti sudah tidak asing lagi mendengan aplikasi SoundCloud. Platform milik Alexander Ljung dan Eric Wahlforss ini, meresmikan kantor terbarunya di sebuah gedung perkantoran yang bernama Factory di Berlin,