Getting time...
OKEHEALTH | DETAIL HEALTH UPDATE

Dampak Mengejutkan Terlalu Lama di Depan Komputer

Gustia Martha Putri - Okezone
Kamis, 26 Januari 2012 12:52 wib
detail berita
Pria asyik berselancar (Foto: Corbis)
APAPUN yang berlebihan bisa menimbulkan dampak tidak baik. Begitu pula dengan kebiasaan Anda yang terlalu di depan komputer.
 
Dewasa ini banyak profesi pekerjaan yang mengharuskan duduk di depan komputer dalam jangka waktu yang cukup lama. Yang perlu diperhatikan, rutinitas ini bisa membuat fisik rentan terserang penyakit.
 
Berikut adalah beberapa gangguan pada tubuh yang dapat terjadi akibat terlalu lama di depan komputer, seperti dilansir Boldsky, Kamis (26/1/2012).
 
Gangguan saraf pada jari
 
Apakah Anda pernah merasa kesulitan menggerakkan jari-jemari Anda setelah Anda mengetik beberapa naskah? Kalau ya, tahukah Anda apa penyebabnya? Hal ini karena benjolan di sendi jari Anda. Fleksibiltas tendon jari melonggar, akibatnya ada kecenderungan bahwa jari-jari Anda seperti "terkunci" dan terbuka kembali dengan bunyi suara "krek".
 
Bahu nyeri
 
Ini merupakan gangguan gaya hidup pada profesi apapun yang berhubungan dengan komputerisasi. Sebelumnya orang membawa tas kerja atau folder ke kantor, sekarang tas berisikan laptop yang beratnya melampaui titik ketegangan otot bahu. Hasilnya adalah rasa sakit yang parah pada bahu sehingga terasa nyeri dan berbekas warna merah.
 
Postur tubuh membungkuk
 
Dapatkah Anda duduk lurus selama delapan jam dalam sehari? Hal ini sangat sulit. Kecenderungan tubuh akan membungkuk atau menetapkan ke posisi yang lebih nyaman. Hasilnya adalah gangguan pada postur tubuh yang memburuk.
 
Mata kering
 
Tidak masalah jika Anda mengenakan kacamata anti-silau, pandangan mata yang buruk adalah dampak dari pekerjaan yang mengharuskan menatap layar menyala terus-menerus. Ketika menatap layar, kita cenderung berkedip lebih sedikit daripada waktu yang normal atau dari yang seharusnya. Jika mata kering dan Anda secara tak sadar sering kali menggosoknya, dapat menyebabkan masalah serius di kemudian hari.
 
Impotensi
 
Jangan terkejut! Impotensi adalah bahaya pekerjaan yang umum pada dewasa ini. Jika Anda menjaga laptop secara langsung di pangkuan, maka Anda telah membunuh cukup sperma. Maka dari itu, selalu gunakan papan atau baki untuk melindungi organ reproduksi Anda dari kerusakan atau ini bisa menjadi penyebab impotensi setelah digunakan berkelanjutan.
(tty)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

 
BACA JUGA »

Lifestyle

Intip Cara Ariel Tampil Maksimal
Di setiap aksi panggungnya, para personel Noah selalu menghadirkan yang terbaik. Tak heran jika band yang digawangi oleh Ariel, Uki, Lukman, David dan Reza itu selalu dipuja banyak kalangan.

Food

Nikmati Ragam Kuliner & Wine Berkualitas di Jejak Kuliner Australia
Warga Indonesia yang pernah berkunjung ke Australia memberi peringkat Australia sebagai tujuan nomor satu untuk pengalaman makanan dan anggur (wine). Ini didapat berdasarkan penelitian lembaga pariwisata Australia.

Property

REI: Akuisisi, Bisa Buat BTN Tak Fokus Urus Rumah Rakyat
"Saya harap BTN bisa tetep eksis, hanya BTN yang selama ini memberikan jumlah KPR paling banyak pada masyarakat Indonesia," katanya di Kadin, Jakarta, Rabu (23/4/2014).