Getting time...
OKEHEALTH | DETAIL HEALTH & FIT

Menangani Cedera Lutut Saat Futsal

SINDO
Rabu, 25 Januari 2012 12:46 wib
detail berita
Main futsal (Foto: Google)
MUNGKIN Anda pernah mengalami cedera saat bermain futsal? Sebaiknya jangan sepelekan gangguan ini. Sebab, bisa jadi cedera yang Anda alami bukanlah keseleo biasa. Bisa jadi, Anda mengalami cedera ligamen sendi. Bila ini yang terjadi, mungkin Anda harus bersiap untuk melakukan operasi sendi atau lutut.
 
Tapi jangan khawatir, kini Indonesia sudah memiliki dokter-dokter yang mumpuni dalam menangani operasi lutut dan panggul akibat cedera olahraga, seperti saat futsal. Apalagi, teknologi dan alat kedokteran yang digunakan juga merupakan yang paling canggih di dunia. Misalnya, operasi sendi dengan robot (robotic surgery) yang termasuk pertama diaplikasikannya di Asia.

Teknik ini sudah dikerjakan untuk operasi lutut pada 2005. Ada juga operasi cedera ligamen yang disebut double bundle reconstruction, yang telah diakukan lebih dari 200 kali sejak 2007. Metode operasi ini sangat populer di Amerika Serikat, Eropa, dan
Jepang karena hasilnya yang sangat memuaskan bagi pasien.
 
Saat ini, operasi jenis ini menjadi standar untuk cedera ligamen atlet-atlet kelas dunia, misalnya Tiger Wood. Sayangnya, banyak masyarakat Indonesia yang tidak tahu jika negaranya sendiri termasuk sudah maju dalam hal kemampuan dan teknologi yang digunakan.
 
”Hal itu dikarenakan kurangnya informasi dan kebijakan dalam negeri yang melarang tenaga medis berpromosi dalam bentuk apa pun,” ujar dr Nicolaas C Budhiparama SpOT, Presiden IHKS.

Padahal, lanjut dia, tenaga medis atau institusi kesehatan asing justru dipersilakan beriklan bebas di media massa. Akhirnya, pasien Indonesia lebih memilih berobat ke luar negeri, seperti Singapura dan Malaysia.
 
Nicolaas yang juga Kepala Departemen Bedah Orthopedi RS Medistra, Jakarta, ini meminta masyarakat tidak mendewakan dokter asing. Saat ini diperkirakan ada sekitar 490 dokter bedah tulang di Indonesia, dengan 10 persen di antaranya spesialis lutut dan panggul. Jumlah ini sangat kecil dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia. Terlebih lagi, kebutuhan masyarakat semakin besar seiring meningkatnya minat masyarakat yang semakin sadar manfaat melakukan olahraga.
(tty)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

 
BACA JUGA »

Lifestyle

Bersolek, Istri Ahok Cuma Butuh 15 Menit
Sebagian besar perempuan menghabiskan waktu berjam-jam di depan cermin dan menyulap wajahnya menjadi cantik. Bagi istri Wakil Gubernur DKI Jakarta, Veronica Basuki Tjahaja Purnama, cukup membutuhkan waktu 15 menit untuk tampil cantik.

Food

Zidan Senang Eksperimen Makanan
Setelah selesai mengikuti ajang kompetisi Junior MasterChef Indonesia 2014, popularitas Zidan semakin melambung tinggi. Dia pun mengaku senang eksperimen makanan.

Property

Perbedaan Investasi Properti di Australia dengan Indonesia
Australia adalah salah satu benua yang terdekat dengan Indonesia. Dengan kedekatan geografis ini tidak ada salahnya menjadikan Australia sebagai salah satu destinasi investasi properi Anda.