Getting time...
OKEHEALTH | DETAIL HEALTH & FIT

Niat Berhenti Merokok? Ini Caranya!

Lastri Marselina - Okezone
Selasa, 3 Januari 2012 13:42 wib
detail berita
Saatnya berhenti merokok (Foto: Corbis)
JIKA berhenti merokok menjadi resolusi 2012, ada cara mudah mengawalinya. Seperti apa caranya?
 
Meski perokok sadar risiko penyakit mengintai mereka, studi American Lung Association menemukan, hanya empat dari 10 perokok yang berhasil menghentikan kebiasaan merokoknya.
 
Sekaranglah kesempatan Anda berhenti merokok mulai awal bulan di tahun yang baru ini, hingga 365 hari berikutnya. Simak triknya, seperti disitat Genius Beauty.
 
- Konsultasikan ke dokter jika Anda merasa sulit menghentikan kebiasaan merokok sendirian. Dewasa ini, telah tersedia obat-obatan untuk mengatasi rasa sakit akibat pengurangan rokok.
 
- Pilih hari di mana Anda berkomitmen untuk tidak merokok dan tandai di kalender. Jika Anda berhasil melaluinya pekan ini, lakukan di pekan berikutnya dan seterusnya. Hindari situasi yang akan memicu Anda untuk merokok, seperti gelisah melihat teman ke smoking room. Alihkan pikiran dengan melakukan push-up 10 kali atau minum secangkir teh hangat.
 
- Olahraga atau berjalan setiap hari. Melatih kebugaran dan udara segar akan meningkatkan mood dan tingkat energi Anda. Berjalan diyakini sebagai cara terbaik untuk menghilangkan stres setelah keputusan berhenti merokok. Juga, praktikkan pola diet seimbang, banyak minum air putih dan tidur cukup.
 
- Jangan pernah ragu meminta bantuan teman, rekan kerja, dan anggota keluarga untuk mendukung keinginan Anda berhenti merokok.
 
- Cari teman yang juga ingin berhenti merokok. Menghentikan kebiasaan merokok akan mudah terealisasi saat ada yang menemani.
 
- Tentukan motivasi. Apakah menurunkan risiko kesehatan? Atau menghemat pengeluaran? Dan mengurangi kekhawatiran anggota keluarga terhadap kesehatan Anda? Juga, semakin mudah Anda bernapas saat menemani buah hati bermain di taman?
(tty)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

 
BACA JUGA »

Lifestyle

Intip Cara Ariel Tampil Maksimal
Di setiap aksi panggungnya, para personel Noah selalu menghadirkan yang terbaik. Tak heran jika band yang digawangi oleh Ariel, Uki, Lukman, David dan Reza itu selalu dipuja banyak kalangan.

Food

Buah Terbaik untuk Sarapan Pagi
Sarapan adalah makan yang paling penting dilakukan setiap hari. Cara makannya pun harus teratur, termasuk di dalamnya terdapat asupan buah.

Property

REI: Akuisisi, Bisa Buat BTN Tak Fokus Urus Rumah Rakyat
"Saya harap BTN bisa tetep eksis, hanya BTN yang selama ini memberikan jumlah KPR paling banyak pada masyarakat Indonesia," katanya di Kadin, Jakarta, Rabu (23/4/2014).