Getting time...
OKEHEALTH | DETAIL KONSULTASI HEALTH

Bolehkah Minum Kopi Setiap Hari?

Fitri Yulianti - Okezone
Kamis, 22 Desember 2011 17:58 wib
detail berita
(Foto: gettyimages)
SAYA adalah seorang penggemar kopi. Saya biasa minum kopi minimal lima cangkir sehari; di rumah dan di kantor. Dan, sepulang kantor sering kali ke kafe.

Masalahnya, saat ini saya mendapati diri positif hamil. Suami mengatakan agar saya menghentikan kebiasaan minum kopi tersebut selama hamil karena dapat berpengaruh buruk ke bayi. Ketika datang ke dokter kandungan pun, beliau menyarankan hal yang sama. Cuma rasanya berat sekali jika harus berhenti sama sekali minum kopi.

Apakah orang hamil sama sekali tidak boleh minum kopi? Mungkin ada batas aman berapa kali maksimal saya bisa minum kopi sehari?

Rita-Jakarta

Jawab:

Sebelumnya, saya ucapkan selamat atas kehamilan Anda. Minum kopi memang nikmat, dan banyak orang tidak bisa lepas untuk mengonsumsinya setiap hari. Memang selama kehamilan, banyak hal yang perlu dicermati, salah satunya makanan atau minuman yang dikonsumsi.

Penelitian-penelitian mengenai pengaruh kopi pada kehamilan saat ini masih memberikan hasil yang beragam, ada yang mengatakan efeknya buruk, sebagian mengatakan tidak ada pengaruhnya. Yang umumnya diteliti adalah efek bagi keguguran, kelahiran prematur, dan berat lahir bayi yang rendah.

Senyawa dalam kopi yang dianggap berpengaruh pada kehamilan adalah kafein. Namun perlu diingat, selain kopi, kafein juga terkandung dalam cokelat, teh, dan kola. Kafein juga sering dicampurkan dengan beberapa jenis obat, seperti obat flu, antinyeri, perangsang nafsu makan, dan lain-lain.

Hal yang banyak muncul dan penelitian mengenai pengaruh kopi pada kehamilan adalah efeknya terhadap keguguran dan berat janin meningkat sesuai dengan bertambahnya dosis kafein. Oleh karena itu, para ahli menganjurkan untuk menghentikan atau setidaknya mengurangi dosis kopi yang diminum.

Dosis kopi yang dianggap aman adalah 300mg kafein per hari. Satu cangkir kopi dianggap rata-rata mengandung 100mg kafein. Namun, harus hati-hati dengan anggapan ini. Sering kali penggemar kopi menyukai kopi yang kental, sehingga jumlah kafein per gelas akan lebih banyak.

Selain itu, tergantung ukuran gelasnya. Jika menggunakan mug tentu lebih banyak  dari cangkir. Harus diingat pula, minum kopi juga dapat menurunkan penyerapan terhadap sejumlah mineral yang penting dalam kehamilan, seperti kalsium dan besi. Demikian seperti dikutip dari buku Cegah AIDS Sejak Dini oleh Prof Dr Zubairi Djoerban, SpPD-KHOM.

Maka, untuk praktisnya, sebaiknya Anda hanya minum kopi secangkir sehari. Karena selain secangkir kopi yang Anda minum mungkin kandungan kafeinnya kurang dari atau sama dengan 100mg, Anda juga mungkin makan ataupun minum sumber kafein lain selama hamil, misalnya cokelat. Kalau bisa, minum kopinya tidak usah setiap hari.

Prof Dr Zubairi Djoerban, SpPD-KHOM
Konsultan Hematologi-Onkologi Medik FKUI/RSCM
(ftr)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

 
BACA JUGA »